Ratusan Rumah di Bakauheni Lampung Diterjang Banjir Bandang

Heri Fulistiawan ยท Selasa, 22 Januari 2019 - 00:02 WIB
Ratusan Rumah di Bakauheni Lampung Diterjang Banjir Bandang

Banjir bandang melanda ratusan rumah warga di Kecamatan Bakauheni, Kabupaten Lampung Selatan, Lampung, Senin (21/1/2019). (Foto: iNews/Heri Fulistiawan)

LAMPUNG SELATAN, iNews.id – Banjir bandang menerjang ratusan rumah warga di Dusun Kenyayan, Desa Bakauheni, Kabupaten Lampung Selatan, Provinsi Lampung, Senin (21/12019). Musibah itu terjadi setelah hujan deras selama empat jam mengguyur wilayah Bakauheni.

Tiga wilayah yang terkena dampak terparah akibat terjangan banjir bandang di daerah Bakauheni antara lain, Dusun Pegantungan, Dusun Kenyayan, dan Dusun Muara Pilu.

Aliran air deras yang masuk ke permukiman sejak Sabtu sore, membuat warga panik. Warga berusaha menyelamatkan barang-barang berharga keluar dari rumah. Beruntung tidak ada korban jiwa pada peristiwa tersebut. Namun, kerugian diperkirakan mencapai ratusan juta rupiah.

Dari pantauan iNews pada Senin sore, ketinggian air banjir sejak sore hingga malam terus meningkat hingga setinggi lutut orang dewasa. Rumah warga pun dipenuhi air bercampur lumpur dan tumpukan sampah yang terbawa banjir.

BACA JUGA:

Banjir Bandang dan Longsor Landa 3 Kecamatan di Brebes, Jembatan Putus

Banjir Bandang Terjang Mojokerto, 5 Rumah Rusak dan Puluhan Terendam

Menurut salah seorang warga, Joni, banjir bandang terjadi saat hujan deras selama empat jam sejak Senin sore sore hingga malam. Namun, warga tidak menyangka air akan mengalir deras ke permukiman mereka. “Tadi hujan deras sejak jam 4 sore. Banyak rumah yang terendam banjir bandang,” ujar Joni.

Petugas Basarnas Lampung langsung turun membantu warga menguras banjir yang merendam rumah. Hingga Sabtu malam, belum ada bantuan dari pemerintah setempat. Warga berharap pemerintah segera turun membantu beban warga yang terdampak banjir bandang.


Editor : Maria Christina