Terseret Arus Bawah Laut, 3 Kapal Roro Saling Bertabrakan di Pelabuhan Bakauheni

Heri Fulistiawan ยท Selasa, 03 Desember 2019 - 11:26 WIB
Terseret Arus Bawah Laut, 3 Kapal Roro Saling Bertabrakan di Pelabuhan Bakauheni

Potongan gambar sebelum ketiga kapal yang terseret arus saling bertabrakan di Pelabuhan Bakauheni, Lampung. (Foto: iNews/Heri Fulistiawan)

LAMPUNG SELATAN, iNews.id – Tiga kapal motor penumpang (KMP) bertabrakan di sebelah selatan Pelabuhan Bakauheni, Lampung. Insiden disebabkan arus bawah laut yang begitu kencang hingga ketiga Kapal Roro ini saling bertabrakan satu dengan yang lain.

Kejadian bermula dari KMP Amarisa yang menabrak KMP Nusa Agung. Kemudian disusul KMP Suki 2 yang datang dari arah samping ke arah kedua kapal tersebut. Derasnya arus membuat para nakhoda tak dapat mengendalikan laju kapal sehingga saling menabrak.

Tali jangkar yang dipasang pun tak mampu menahan. Akibatnya tampak ada kerusakan di bagian samping KMP Nusa Agung yang saat itu mendapat jadwal anchor atau istirahat.

BACA JUGA: Kapal LCT Mutiara Terbalik di Sungai Kukar Kaltim, 1 Orang Tewas

Kepala Kantor Syahbandar Otoritas Pelabuhan (KSOP) cabang Bakauheni Iwan Syahrial mengatakan, penyebab kapal bertabrakan ini dikarenakan arus bawah laut yang begitu kencang. Untuk sementara ketiga kapal dalam pemeriksaan petugas KSOP dan dipastikan tidak ada korban dalam kejadian ini.

“Untuk cuaca bagus, angin juga bagus saat kejadian. Namun arusnya memang kuat, sangat kuat sekali sehingga jangkar tertarik dan kapal bertabrakan,” ujar Syahrial, Selasa (3/12/2019).

Dia mengimbau para nakhoda kapal untuk selalu waspada dan hati-hati saat berlayar maupun hendak bersandar. Saat ini ketiga kapal dalam tahap pengecekan dan perbaikan di pelabuhan.


Editor : Donald Karouw