Tinjau Dermaga VII Bakauheni, Bupati: Warga Lokal Jangan Jadi Penonton

Heri Fulistiawan ยท Sabtu, 22 September 2018 - 19:27 WIB
Tinjau Dermaga VII Bakauheni, Bupati: Warga Lokal Jangan Jadi Penonton

Plt Bupati Lampung Selatan Nanang Ermanto saat meninjau lokasi proyek pengerjaan Dermaga VII Pelabuhan Bakauheni. (Foto: iNews/Heri Fulistiawan)

LAMPUNG, iNews.id – Pengerjaannya proyek Dermaga VII Pelabuhan Bakauheni di Kabupaten Lampung Selatan, Provinsi Lampung, terus dikebut. Saat ini perkembangan pembangunannya diperkirakan sudah mencapai 70 persen. Sesuai target, dermaga siap diluncurkan Desember 2018 mendatang.

Plt Bupati Lampung Selatan Nanang Ermanto mengungkapkan rasa bangganya dengan proyek pembangunan dermaga yang dirancang mewah dan memiliki fasilitas layaknya hotel berbintang tersebut.

“Selama ini orang tahu Lampung Selatan hanya memiliki dermaga II dan III. Sekarang kami memiliki dermaga VII dengan fasilitas executive dan mewah,” ujarnya saat meninjau pembangunan proyek tersebut, Sabtu (22/9/2018).

Dia mengungkapkan, adanya proyek pembangunan ini sekaligus memotivasi pemerintah daerah untuk mempersiapkan wilayah dan masyarakat dalam menunjang peningkatan sektor perekonomian.

“Jangan sampai dengan adanya fasilitas seperti ini masyarakat kita hanya bengong dan jadi penonton. Jadi harus ikut serta dalam pembangunan yang luar biasa ini,” ujarnya.

Karena itu, Nanang meminta PT Angkutan Sungai, Danau dan Penyeberangan (ASDP) sebagai pengelola dermaga VII agar lebih memprioritaskan pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), serta tetap melestarikan kearifan lokal.

“Harus dilibatkan (pelaku UMKM lokal) dalam pembangunan-pembangunan yang sangat luar biasa ini, sehingga warga Lampung Selatan dapat ikut andil dalam pembangunan dan memajukan perekonomian,” ujarnya

Diketahui Dermaga VII Pelabuhan Bakauheni dikerjaan untuk dijadikan dermaga executive. Bangunannya dilengkapi berbagai fasilitas mewah, seperti hotel, cafe, area hijau, swalayan, dan lain sebagainya.

Untuk kemudahan akses telah dilengkapi dengan tiga unit eskalator. Dermaga VII Bakauheni juga memiliki alat pemadam kebakaran automatic yang terpasang di seluruh ruangan. Berdiri di atas lahan seluas lima hektare, bangunan dermaga tiga lantai ini memiliki daya tampung area parkir hingga 1.000 kendaraan.

Pemkab percaya, jika dermaga VII telah beroperasi akan selalu ramai dikunjungi para wisatawan dan bisa menjadi salah satu ikon baru di Kabupaten Lampung Selatan. Saat ini, proyek pembangunan tinggal menyelesaikan interior gedung. Bagian area parkir sudah rampung dan fasilitas dermaga sudah dapat digunakan untuk sandar kapal.


Editor : Donald Karouw