Update Bentrok Mesuji, 9 Korban Luka Jalani Perawatan Intensif di RS Bhayangkara

Andres Afandi ยท Kamis, 18 Juli 2019 - 12:49 WIB
Update Bentrok Mesuji, 9 Korban Luka Jalani Perawatan Intensif di RS Bhayangkara

Sejumlah korban luka akibat bentrok dua kelompok warga di register 45 Mesuji saat mendapat penanganan medis di RS Bhayangkara Polda Lampung. (Foto: iNews/Andres Afandi)

BANDARLAMPUNG, iNews.id – Pertikaian dua kelompok warga di register 45 Mesuji menelan korban jiwa maupun luka-luka. Total ada 13 warga yang menjadi korban dengan empat di antaranya tewas.

“Untuk korban meninggal sudah kami serahkan kepada keluarga untuk dimakamkan. Saat ini ada sembilan yang menjalani perawatan intensif di Rumah Sakit (RS) Bhayangkara Polda Lampung. Delapan luka berat dan satu luka ringan," ujar Kabid Humas Polda Lampung Kombes Pol Zahwani Pandra Arysad, Kamis (18/7/2019).

Dia mengungkapkan, tim dokter sedang berupaya maksimal untuk menangani para korban. Mereka rata-rata mengalami luka bacokan akibat aniaya senjata tajam.


BACA JUGA:

Waspadai Bentrok Susulan, Polisi-TNI Jaga Ketat Pintu Masuk Mesuji 45

Beredar Video Mesuji Berdarah, Polda Lampung: Warga Jangan Terprovokasi


"Jika kondisinya sudah membaik dan memungkinkan, maka kami akan meminta keterangan para korban. Keterangan mereka ini penting untuk mengetahui pemicu pertikaian ini," katanya.

Pandra memastikan, kondisi di lokasi kejadian pascapertikaian kini sudah kondisif. Petugas di lapangan telah disiagakan untuk mencegah hal tak diinginkan, termasuk bentrok susulan.

"Langkah penanganan kami saat ini dengan mengutamakan pendekatan persuasif dan preventif. Kami mengajak warga yang bertikai untuk tenang dan bisa menahan diri," tuturnya.

Diketahui, penyebab bentroknya dua kelompok warga yakni Mekar Jaya Abadi KHP Register 45 SBM dan kelompok Pematang Panggang Mesuji Raya dilatarbelakangi pembajakan lahan di area lahan seluas setengah hektare milik salah satu warga bernama Yusuf (41) yang merupakan kelompok dari Mekar Jaya Abadi. Peristiwa bentrokan ini terjadi di Mekar Jaya Abadi KHP Register 45 SBM, Rabu (17/7/2019) pukul 14.00 WIB.


Editor : Donald Karouw