Usai Bertemu 3 Pelaku Inses di Lampung, Ini Kata Kak Seto

Indra Siregar ยท Kamis, 28 Februari 2019 - 19:30 WIB
Usai Bertemu 3 Pelaku Inses di Lampung, Ini Kata Kak Seto

Kak Seto memberikan keterangan soal penanganan tiga pelaku inses di Mapolres Tanggamus, Pringsewu, Lampung, Kamis (28/2/2019). (Foto: iNews/Indra Siregar)

PRINGSEWU, iNews.id – Ketua Umum Lembaga Perlindungan Anak Indonesia (LPAI), Seto Mulyadi atau akrab disapa Kak Seto mendatangi Polres Tanggamus, Lampung, Kamis (28/2/2019). Kedatangannya untuk bertemu dengan para pelaku inses atau persetubuhan sedarah terhadap korban AG (18) yang menghebohkan warga Lampung.

Kak Seto langsung bertemu dengan tiga pelaku inses, yakni ayah korban JM (44), kakak korban SM (24), dan adik bungsunya YG yang masih berusia 16 tahun. Setelah berbicara dengan mereka, Kak Seto meminta kepada Polres Tanggamus untuk memberikan pendampingan kepada para pelaku.

Pendampingan khusus dan intensif tersebut terutama untuk Y, yang masih anak di bawah umur. Sebab, Y diketahui tidak hanya memiliki perilaku menyimpang dengan menyetubuhi kakak kandungnya, tapi juga melakukan hubungan persetubuhan dengan hewan ternak tetangganya.

“Mudah-mudahan ini betul-betul mendapatkan penanganan. Jadi, kalau mereka memang harus mendapatkan sanksi pidana, mereka juga harus direhabilitasi, sehingga tidak ada kecenderungan untuk mengulang lagi,” kata Kak Seto di Mapolres Tanggamus, Kamis (28/2/2019).

BACA JUGA:

Ayah yang Cabuli Anak Kandung di Pringsewu Lampung Mengaku Menyesal

Reka Ulang Kasus Inses di Lampung, Ayah dan 2 Putranya Dihadirkan


Psikolog anak ini menekankan hal ini karena menurut hasil penelitian terkait inses, dapat disimpulkan bahwa pelaku inses berpotensi untuk mengulangi lagi perbuatannya. Rehabilitasi dibutuhkan agar hal ini tidak terjadi ke depan.

Diketahui, kasus ini baru terungkap setelah Ketua Satgas Pemerhati Anak Panggung Rejo, Tarseno membuat laporan pada Kamis (21/2/2019) lalu. Polisi kemudian menangkap ketiga pelaku inses.


Editor : Maria Christina