Warga Pulau Sebesi Kekurangan Stok Air Bersih di Tempat Pengungsian

Andres Afandi ยท Kamis, 27 Desember 2018 - 09:11 WIB
Warga Pulau Sebesi Kekurangan Stok Air Bersih di Tempat Pengungsian

Seorang warga Pulau Sebesi Lampung mengeluhkan minimnya stok air bersih. (Foto: Andres Afandi).

KALIANDA, iNews.id - Pengungsi dari Pulau Sebesi di perairan Selat Sunda gugusan pulau dekat dengan Gunung Anak Krakatau, kini ditempatkan di Gor Lapangan Tennis Indoor Kalianda, Lampung Selatan. Meski tenang dari ancaman bahaya, namun mereka mengeluhkan minimnya ketersediaan air bersih di sana.

Ada sekitar 700 orang warga asal Pulau Sebesi yang berada di lokasi pengungsian tersebut. Sulitnya mengakses air bersih membuat mereka terkendala menjalani aktivitas seperti mandi, salat dan untuk kebutuhan lain.

BACA JUGA: Pengungsi di Lampung Selatan Butuh Sembako dan Perlengkapan Bayi

"Ada sih air, tapi karena terlalu banyak yang pakai, jadi cepat habis," kata Ira, pengungsi asal Pulau Sebesi yang kini menetap di Gor Lapangan Tennis Indoor Kalianda, Lampung Selatan., Lampung, Kamis (27/12/2018).

Selain itu, air yang rata-rata dimanfaatkan oleh warga di sana dinilai tak layak untuk kebutuhan mereka. Sebab, warnanya kemerahan dan berbau tidak sedap. Bahkan, ada yang mulai merasakan gatal-gatal.

"Iya, bikin gatal. Habisnya susah di sini airnya," ujar pengungsi lainnya, Rohayati.

Pantauan iNews, ketersediaan air bersih di lokasi pengungsian ini memang tidak sebandng dengan jumlah warga yang menetap sementara waktu di sana. Mereka pun berharap Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan dapat memberikan tambahan stok air bersih untuk kebutuhan para pengungsi Pulau Sebesi.

Sebelumnya ribuan warga dari Pulau Sebesi dievakuasi oleh petugas gabungan menggunakan Kapal Ro-Ro menuju Kota Kalianda di Kabupaten Lampung Selatan, Lampung. Mereka dipindahkan karena pulau mereka berdomisili masuk kategori rawan, lantaran dekat dengan Pulau Gunung Anak Krakatau.

BACA JUGA: Terdampak Tsunami Selat Sunda, Warga Pulau Sebesi Belum Terima Bantuan

Bukan hanya air bersih, sejumlah relawan posko bantuan tsunami Selat Sunda di kawasan pesisir Kabupaten Lampung Selatan, mengaku kekurangan stok bahan pokok dan perlengkapan bayi untuk para pengungsi.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal