Waspada Begal saat Mudik, Polda Lampung Petakan 5 Titik Rawan

Antara ยท Minggu, 19 Mei 2019 - 07:10 WIB
Waspada Begal saat Mudik, Polda Lampung Petakan 5 Titik Rawan

Ilustrasi kendaraan pribadi saat mudik lebaran. (Foto: Dok iNews).

BANDARLAMPUNG, iNews.id - Polda Lampung memetakan lima titik rawan kejahatan di jalan lintas Sumatera yang harus diwaspadai pemudik. Pelaku aksi kriminal mengincar kendaraan pribadi yang plat nomornya di luar wilayah Lampung.

Kabid Humas Polda Lampung, AKBP Zahwani Pandra Arsyad mengatakan, modus yang dilakukan oleh para pelaku seperti mencegat, berpura-pura kendaraan rusak dan minta tolong, kemudian modus pohon tumbang.

"Perlu diwaspadai modus-modus yang dilakukan oleh para pelaku kejahatan ini," kata dia kepada wartawan di Kota Bandarlampung, Lampung, Minggu (19/5/2019).

Kelima titik rawan itu adalah Kabupaten Tulang Bawang, Mesuji, Lampung Timur, Lampung Utara, dan Lampung Selatan.

Menurut dia, saat arus mudik biasanya para pelaku akan mengincar kendaraan pribadi yang memiliki bagasi di atas mobil. Mereka juga menandai plat nomor di luar Lampung.

"Pemudik kami imbau waspada saat berkendara, khususnya di malam hari. Barang bawaan juga jangan diletakkan di atas mobil," ujarnya.

Dia mengatakan, sebaiknya menempatkan barang bawaan di dalam mobil. Hal ini untuk mengantisipasi munculnya aksi kejahatan di sejumlah titik rawan tersebut,

"Jangan memancing para pelaku tindak kejahatan. Jika terjadi, segera melaporkan kepada pihak kepolisian," kata Pandra.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal