Pameran Fotografi Konbes Fatayat NU Potret Keindahan Maluku

Tri Hatnanto · Sabtu, 28 April 2018 - 22:02 WIB
Pameran Fotografi Konbes Fatayat NU Potret Keindahan Maluku

Menpora Imam Nahrawi bersama Ketua Umum Fatayat NU Anggia Ermarini (tiga dari kiri) dan jajaran Fatayat NU di pameran fotografi di Ambon, Maluku, Sabtu (28/4/2018). (Foto: Istimewa)

AMBON, iNews.id – Maluku tak sekadar keindahan alam dan kekayaan budaya. Rempah-rempah, perikanan, dan kokohnya infrastruktur menjadi menjadi wajah indah provinsi ini. Pesona itu yang terekam dalam pameran fotografi di Konferensi Besar (Konbes) Ke-16 Fatayat NU.

Pameran fotografi berlangsung di Alun-Alun Kota Ambon. Mengangkat tema ”Pemberdayaan Perempuan di Wilayah Timur Indonesia”, pameran ini menghadirkan berbagai potret keindahan dan aktivitas para perempuan di Maluku.

Ketua Umum Fatayat NU Anggia Ermarini mengatakan, Fatayat NU menggelar kompetisi fotografi yang dimulai sejak awal Maret hingga hingga pertengahan April. Panitia menerima 1.000 foto dalam kompetisi ini. Dari 1.000 foto tersebut, terpilih 20 foto terbaik. Kendati demikian, sekitar 100 foto finalis pilihan ditampilkan dalam pameran.

"Kita bangga para pemuda yang memiliki hobi fotografi banyak berpartisipasi pada kompetisi ini. Akhirnya banyak orang tahu Ambon itu bagaimana dan apa saja yang dimiliki," kata Anggia di Ambon, Sabtu (28/4/2018).

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi yang turut hadir dalam pameran mengapresiasi agenda tersebut. Keterlibatan pemuda dalam acara ini menjadi bagian penting dalam pengembangan potensi suatu daerah. "Pemuda kreatif yang memiliki banyak inovasi dan mau terus belajar ini yang menjadi harapan bangsa" kata Menpora.

Sementara itu, fotografer Danar Pradipto yang juga penanggung jawab pameran menjelaskan, foto-foto yang dipajang sekaligus untuk mengenalkan kepada publik bahwa ada banyak spot yang bisa dikunjungi di Maluku.

BACA JUGA: Mural Kebangsaan di Konbes Fatayat NU

Ekspolarasi Pantai Ora dan Seram, misalnya, melukiskan beningnya air laut Maluku. Lalu Pulau Bair terkenal karena rempah-rempahnya tergambar dalam foto aktivitas wanita menjemur pala. Dari kota Ambon terpotret infrastruktur daerah, di antaranya Jembatan Merah Putih.

"Saya berbangga ada kepedulian dari Fatayat NU merancang acara yang keren banget seperti ini. Mempromosikan potensi perempuan dengan cara yang asyik" kesan Dhanar di sela acara pameran.

Selain tema pemberdayaan perempuan, foto-foto lain seputar keindahan alam, kondisi perumahan rakyat, biota laut sampai hasil alam dan potensi lainnya juga di pamerkan dalam even tersebut.


Editor : Zen Teguh