Hujan Deras, Kota Ambon Dilanda Longsor

Antara ยท Sabtu, 19 Mei 2018 - 16:07 WIB
Hujan Deras, Kota Ambon Dilanda Longsor

Ilustrasi longsor. (Foto: Dok. okezone)

AMBON, iNews.id – Hujan yang mengguyur Kota Ambon, Maluku, dalam beberapa hari terakhir mengakibatkan longsor di sejumlah wilayah, Sabtu (19/5/2018). Beberapa ruas jalan dilaporkan nyaris terputus dan sejumlah rumah warga juga rusak.

Longsor cukup parah dilaporkan terjadi di perbatasan Negeri Naku dan Negeri Kilang, Kecamatan Leitimur Selatan (Leitisel). Di kawasan Asawang, Negeri Kilang, longsor mengakibatkan lebar jalan yang tersisa hanya sekitar 1 meter sehingga akses jalan ke sejumlah desa di kecamatan tersebut terancam putus. Jalan hanya bisa dilewati kendaraan roda dua. Pengguna sepeda motor yang akan melewati ruas jalan yang longsor juga harus ekstra hati-hati karena tanah di bagian bawah aspal telah tergerus air hujan.

Selain itu, talud penahan tanah milik dua keluarga di Desa Soya, Kecamatan Sirimau juga mengalami longsor. Pemilik rumah  dan warga terpaksa memasang terpal untuk menutup longsoran agar tidak tergerus air hujan.

"Talud penahan tanah yang longsor di samping rumah keluarga Morgan Rahayaan di Dusun Kopertis, Desa Soya dan satu lainnya milik keluarga Lexi Haumahuw," kata Sekretaris Desa Soya, Melky Soplanit.

Dia mengatakan telah melaporkan kejadian tersebut ke Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Ambon. BPBD sudah memberikan bantuan tanggap darurat berupa terpal untuk menutup badan talud yang longsor.

Longsor juga terjadi di jalan perbatasan Kayu Putih - Desa Soya sepanjang 4 meter. Kondisi ini sudah dilaporkan kepada Pemkot Ambon untuk segera melakukan tindakan tanggap darurat sehingga longsorannya tidak semakin parah dan mengancam akses jalan menuju Desa Soya.

“Kami mengintensifkan pemantauan ke rumah-rumah warga di Desa Soya mengingat intensitas hujan masih tinggi di Kota Ambon. Sehingga jika terjadi bencana dapat segera ditangani,” kata Melky.

Satu rumah di kawasan Halong Batu-Batu, Kecamatan Baguala, milik Keluarga Merry Nussy juga dilaporkan rusak cukup parah karena talud penahan tanah roboh. "Sebagian dinding rumah ikut roboh bersamaan dengan talud. Untuk sementara, lokasi talud yang roboh ditutup dengan terpal sehingga tidak menjadi lebih parah," kata Merry.


Editor : Muhammad Saiful Hadi

TAG : longsor