Speedboat Rombongan Jemaah Haji Terbalik di Pulau Buru, 1 Tewas

Nurdin Tubaka · Rabu, 11 Juli 2018 - 14:03 WIB
Speedboat Rombongan Jemaah Haji Terbalik di Pulau Buru, 1 Tewas

Kepala Seksi Operasi SAR Ambon Andrias Johannes. (Foto: iNews/Nurdin Tubaka)

AMBON, iNews.id – Kapal cepat atau speedboat yang mengantar rombongan jemaah haji asal Desa Ilath, Kabupaten Buru ke Kota Namlea, Maluku, terbalik di Teluk Tanjung Kayu Putih. Dalam insiden itu, kapal yang membawa 48 penumpang tenggelam dan menyebabkan satu calon jemaah haji (CJH) tewas.

Informasi yang dihimpun iNews, laporan kecelakan itu awalnya diterima tim SAR pada Selasa (10/7/2018) pukul 10.30 WIT. Bersama Satuan Polair Polres Buru dan Direktorat Polair Polda Maluku, tim SAR gabungan itu kemudian terjun ke lokasi karamnya speedboat tersebut.

Petugas langsung menolong para penumpang kapal. Namun satu CJH bernama la Maitando (70) tak berhasil diselamatkan. Dia meninggal dalam peristiwa kecelakaan tersebut.

Kepala Seksi Operasi SAR Ambon Andrias Johannes mengatakan, lokasi kecelakaan speedboat di perairan Tanjung Kayu Putih. Dia mendapat laporan, kecelakaan disebabkan tingginya ombak yang mengempas kapal hingga terbalik.

“Jadi kapal itu mengantar 45 rombongan CJH yang berangkat dari Pulau Buru menuju Namlea dan tiga anak buak kapal (ABK). Totalnya ada 48 orang. Satu meninggal dunia saat petugas akan lakukan evakuasi,” kata Andrias, Selasa (11/7/2018).

Dia menjelaskan, saat kapal terbalik para korban dibantu sejumlah nelayan dan warga setempat. Mereka langsung dibawa menuju pesisir untuk selanjutnya dievakuasi personel SAR gabungan.

“Kapal tenggelam karena dihantam ombak hingga terbalik. Saat ini seluruh penumpang selamat dan kru kapal sudah kami evakuasi,” ujarnya.


Editor : Donald Karouw