Nyaris Mangsa Seorang Kakek, Ular Piton 8 Meter Ditangkap Warga Maluku

Nurdin Tubaka ยท Selasa, 31 Juli 2018 - 08:11 WIB
Nyaris Mangsa Seorang Kakek, Ular Piton 8 Meter Ditangkap Warga Maluku

Salah satu rekaman gambar penangkapan ular piton di Maluku Tengah yang viral. (Foto: iNews.id/Nurdin Tubaka)

AMBON, iNews.id – Ular piton sepanjang delapan meter ditangkap puluhan warga Dusun Sopleli, Desa Tehoru, Kabupaten Maluku Tengah, Provinsi Maluku, Senin (30/7/2018). Ular berukuran raksasa itu masuk lahan perkebunan dan nyaris memangsa seorang warga paruh baya.

Dalam video amatir berdurasi empat menit yang viral di jagat maya, tampak kerumunan warga mengelilingi ular yang sudah dalam kondisi mati tersebut. Warga membunuhnya setelah mengetahui Kemunculan ular piton itu menyerang pemilik lahan di areal perkebunan.

Korban serangan piton yakni Abu Bakar (60), yang mengalami luka gigitan di dada bagian kiri. Warga langsung melarikannya ke puskesmas setempat untuk mendapat bantuan penanganan medis.

Selanjutnya, usai dipastikan mati, warga beramai-ramai membawa bangkai ular ke Koramil 03 Tehoru untuk diamankan dan menjadikannya tontonan.

“Ular pitonnya berukuran sekitar delapan meter. Saat ditemukan warga, ular itu dalam kondisi sedang istirahat usai memangsa. Ada korban luka, seorang pria paruh baya tapi sudah mendapat bantuan medis,” kata Plh Koramil 03 Tehoru Pelda S Tuarita, Senin (30/7/2018).

Bagian tengah badan ular tampak mengembung sedang mencerna makanan usai memangsa seekor babi hutan. Ular raksasa itu kemudian dibawa untuk dikuburkan menggunakan kendaraan truk milik TNI Satgas BKO Tehoru.

Diketahui, penangkapan ular piton raksasa ini sudah yang ke sekian kalinya. Warga setempat mengaku resah pergi ke ladang karena diperkirakan masih ada ular lain yang bersarang di sekitar bukit dekat kampung mereka.


Editor : Donald Karouw