SAR Ambon Terus Cari 2 Nelayan Hilang di Sekitaran Laut Banda

Nurdin Tubaka · Sabtu, 25 Agustus 2018 - 13:36 WIB
SAR Ambon Terus Cari 2 Nelayan Hilang di Sekitaran Laut Banda

Kepala Seksi SAR Ambon Anderias Johannes saat memetakan kemungkinan lokasi nelayan hilang. (Foto: iNews/Nurdin Tubaka)

MALUKU, iNews.id – Kantor SAR Ambon terus mencari dua nelayan yang dilaporkan hilang di sekitaran Laut Banda, sejak Selasa (21/8/2018). Memasuki hari keempat pencarian, petugas masih menyisir perairan di sekitaran Pulau Buru dan Manipah.

Kepala Seksi SAR Ambon Anderias Johannes mengatakan, awalnya petugas mendapat laporan adanya nelayan yang tak kembali dari melaut melaut di sekitar Desa Latuhalat, perairan selatan Pulau Ambon, Maluku, pada Rabu (22/8/2018). Laporan itu ditindaklanjuti dengan menerjunkan personel untuk melakukan pencarian.

Namun hingga hari keempat, petugas belum menemukan titik terang lokasi keberadaan dua nelayan tersebut. Identitas keduanya masing-masing Simon Kariu (45) dan Lukas Piterz (32).

“Petugas SAR bersama nelayan setempat masih melakukan pencarian. Operasi pencarian dibagi dua areal, anggota SAR menyisir Pulau Buru, sedangkan nelayan setempat di Pulau Manipah,” kata Johannes, Sabtu (25/8/2018).

Dia menjelaskan, sesuai standar operasional prosedur (SOP) pencarian terhadap korban yang dilaporkan hilang akan berlangsung selama tujuh hari. Petugas SAR masih memiliki waktu untuk memaksimalkan pencarian terhadap dua nelayan hilang tersebut.

“Kami akan terus upayakan untuk menemukan nelayan yang hilang,” ujarnya.

Dia menuturkan, sudah memetakan areal dugaan lokasi terakhir saat kedua nelayan pertama kali dilaporkan hilang. Dari titik itu, kemudian disebar petugas lapangan untuk melakukan pencarian agar secepatnya menemukan dua nelayan tersebut.


Editor : Donald Karouw