Ambon Diguncang Rentetan Gempa Bumi, Sejumlah Bangunan Rusak

Antara, Ilma De Sabrini ยท Kamis, 10 Oktober 2019 - 16:00 WIB
Ambon Diguncang Rentetan Gempa Bumi, Sejumlah Bangunan Rusak

Ilustrasi gempa bumi. (Foto: Okezone)

AMBON, iNews.idGempa bumi bermagnitudo 5,2 yang mengguncang Kota Ambon, Provinsi Maluku, dan disusul rentetan gempa, Kamis (10/10/2019), mengakibatkan sejumlah bangunan rusak. Gempa yang terjadi pukul 11.39 WIB tadi dirasakan dalam skala intensitas V MMI.

Gempa dengan kedalaman 10 Km itu, disusul beberapa kali gempa yang terjadi secara beruntun, masing-masing bermagnitudo 4,6, lalu M3,6, disusul M3,8, M3,3, M3, dan kemudian M4,1. Dalam hitungan detik maupun menit, sederetan rumah toko di kawasan Paso mengalami kerusakan.

Perkantoran, hotel, sekolah, pusat perbelanjaan dan kantor layanan publik lainnya langsung tutup total karena semua orang pulang atau mencari dan menjemput anggota keluarga mereka.

 

BACA JUGA:

Gempa Magnitudo 5,2 di Ambon, Remaja Tewas Diduga Tertimpa Reruntuhan

Beredar Kabar Remaja Tewas Pascagempa Ambon Diduga Lompat dari Ruko

 

Sejauh ini juga belum diketahui pasti jumlah korban akibat gempa bumi tektonik beruntun tersebut. Namun informasi terbaru, ada satu warga yang tewas karena terkena reruntuhan gedung.

Bhabinkamtibmas Negeri Passo, Kecamatan Baguala, Kota Ambon, Bripka Pol Arthur Serhalawan mengatakan, korban yang tewas bernama Vincent Yonatan Ananto (13). Korban tertimpa reruntuhan bangunan Ruko Hoki saat gempa beruntun mengguncang ibu kota Provinsi Maluku tersebut.

"Saat gempa, korban sedang berada di Ruko milik orang tuanya, selanjutnya lari keluar dari bangunan, tetapi reruntuhan dari lantai atas jatuh menimpanya sehingga korban meninggal dunia," kata Arthur, di Ambon.

Siswa kelas 8 SMP Kalam Kudus Ambon itu sempat dilarikan ke Rumah Sakit Pangkalan Utama TNI-AL (Lantamal) IX/Ambon. "Saya telah melaporkan musibah tersebut ke atasan setelah mendampingi korban di RS Lantamal IX. Jenazahnya dijadwalkan disemayamkan di rumah orang tuanya di Perumahan Citra Land, Kelurahan Lateri, Kecamatan Baguala, kota Ambon," ujar Arthur.

Kapolsek Baguala AKP Thomy Siahaya mengatakan, korban lainnya diketahui bernama Rido Maitimu. Korban juga terkena reruntuhan bangunan saat berada di dalam gereja.

Berdasarkan analisis Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), episenter gempa bumi M5,2 yang mengguncang Ambon, berlokasi di titik koordinat 3,53 Lintang Selatan (LS) dan 128,23 Bujur Timur (BT). Pusat gempa berada di darat, 14 km dari arah Timur Laut Ambon dengan kedalman 10 km.


Editor : Maria Christina