Bayi Laki-Laki Dibungkus Sarung Bantal Ditemukan di Pantai Kota Tual Maluku

Ridwan Kalengkongan ยท Sabtu, 26 Oktober 2019 - 11:29 WIB
Bayi Laki-Laki Dibungkus Sarung Bantal Ditemukan di Pantai Kota Tual Maluku

Bayi laki-laki yang diperkirakan berumur satu hari ditemukan di pinggir pantai di Kota Tual, Maluku, Jumat (26/10/2019). (Foto: iNews.id/Ridwan Kalengkongan).

KOTA TUAL, iNews.id - Bayi laki laki ditemukan terbaring dekat Pantai Desa Ngadi, Kecamatan Dullah Utara, Kota Tual, Provinsi Maluku, Jumat (25/10/2019) pukul 22.00 WITA. Saat ditemukan, bayi yang diperkirakan berumur satu hari hanya dibalut sarung bantal.

Ida Tamnge, wanita yang menemukan bayi tersebut menceritakan, awalnya dia dan keluarganya hendak pulang ke Dusun Pulau Ubur dengan menggunakan speed boat. Sebelum naik, dia melihat ada bungkusan yang bergerak-gerak di pantai, tepatnya di samping speed boat yang akan ditumpangi.

Penasaran, Ida lantas mendekati bungkusa itu. Saat diambil dan dibuka, ternyata seorang bayi laki-laki yang masih merah. Dia bersama kerabatnya lantas membawa bayi malang tersebut ke Puskesmas Ngadi, Kota Tual yang tidak jauh dari pantai.

“Waktu saya temukan, hanya dibungkus sarung bantal dan plastik, lalu saya bawa ke puskesmas,” kata Ida.

BACA JUGA: Bayi Baru Lahir di Tasikmalaya Dibuang di Teras Rumah Warga

Oleh bidan yang sedang berjaga, Arnita Alimudin, bayi diperiksa dan secara fisik, kondisinya normal. Sayangnya, oleh ibunya, pusar bayi hanya ditutupi kapas.

“Kondisi bayi normal dan lengkap, gerak bayi aktif dan lahir cukup umur,” kata Arnita.

Sementara berat badannya hanya 1.500 gram dengan panjang 50 centimeter. Arnita mengatakan, kemungkinan saat dalam kandungan, perut ibu bayi diikat kuat agar tidak terlihat besar, sehingga berdampak pada berat badan bayi.

“Kemungkinan pas hamil, perutnya diikat jadi pertumbuhannya tidak bagus,” katanya.

BACA JUGA: Warga Tasikmalaya Geger Ada Mayat Bayi Laki-Laki Berusia 8 Bulan di Kolam Ikan

Usai dibersihkan, bayi tersebut diberi pakaian bayi dan selimut agar hangat. Untuk pemberian susu, kata Arnita, belum berani memberinya karena masih menunggu tindakan dari polisi selanjutnya.

Penemuan bayi malang ini telah ditangani Polsek Dullah Utara, Kecamatan Dullah Utara, Kota Tual. Polisi masih menyelidiki dengan olah TKP dan memintai keterangan para saksi.

Menurut anggota Polsek Dullah Utara, Bripka Sahlan Razik, saat ini polisi masih belum menemukan ibu bayi karena masih melakukan penyelidikan. “Dugaan awal, bayi tersebut sengaja dibuang untuk menutupi aib karena hubungan gelap,” katanya.


Editor : Umaya Khusniah