Beredar Isu Ancaman Gempa Besar dan Tsunami di Ambon, Ini Kata BMKG

Aditya Pratama ยท Jumat, 27 September 2019 - 16:11 WIB
Beredar Isu Ancaman Gempa Besar dan Tsunami di Ambon, Ini Kata BMKG

Ilustrasi BMKG. (Foto: Istimewa/Antara)

JAKARTA, iNews.id – Ancaman akan datangnya gempa besar dan tsunami di wilayah Ambon, Teluk Piru dan Saparua beredar luas di media sosial (medsos). Isu sesat ini meresahkan warga setempat yang kini dihantui rasa takut pascagempa berkekuatan magnitudo 6,5 (hasil pemutakhiran) pada Kamis (26/9/2019) pukul 06.46 WIB atau 08.46 WIT.

Menanggapi beredarnya isu tersebut, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan empat poin pernyataan. Inti keempat poin tersebut menegaskan jika kabar yang beredar merupakan hoaks, serta meminta warga untuk tidak khawatir dan kembali ke rumah masing-masing.

Deputi Bidang Geofisika BMKG Muhamad Sadly mengungkapkan, hasil monitoring mencatat terjadinya 264 kali gempa susulan dengan kekuatan di rentang M 3,0 hingga M 5,6 hingga Jumat (27/9/2019) pukul 10.00 WIB atau 12.00 WIT.


“Secara statistik, frekuensi kejadian gempa cenderung semakin mengecil,” ujarnya dalam keterangan pers, Jumat (27/9/2019).

BACA JUGA: Data Terbaru Korban Gempa Ambon, 23 Orang Tewas dan Ratusan Luka-luka

Dia menegaskan, isu akan terjadi gempa besar dan tsunami di Ambon, Teluk Piru, dan Saparua merupakan kabar tidak benar atau bohong (hoaks). Hingga saat ini belum ada teknologi yang dapat memprediksi terjadinya gempa dengan tepat dan akurat tentang kapan, dimana dan seberapa besar kekuatannya.


“Untuk itu masyarakat kami imbau agar tidak terpancing isu atau berita bohong yang beredar dan tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenaranya,” katanya.

Dia menambahkan, agar warga terhindar dari kabar hoaks gempa bumi dan tsunami, pastikan informasi yang diterima dari BMKG. Informasi ini juga disebarkan pihaknya melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi (Instagram/Twitter @infoBMKG), website (http://www.bmkg.go.id atau inatews.bmkg.go.id), Mobile Apps (IOS dan Android) wrs-bmkg (user: pemda, pwd: pemda-bmkg) atau infobmkg.

“Sekali lagi kami imbau masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh isu hoaks,” tuturnya.


Editor : Donald Karouw