Evakuasi 11 ABK KM Mina Korban Pembajakan Terkendala, Tim Batalkan Pencarian

Ridwan Kalengkongan ยท Selasa, 20 Agustus 2019 - 16:36 WIB
Evakuasi 11 ABK KM Mina Korban Pembajakan Terkendala, Tim Batalkan Pencarian

KRI Teluk Lada saat sandari di Pelabuhan Yos Sudarso, Kota Dobo, Kepulauan Aru, Selasa (20/8/2019). (Foto: iNews/Ridwan Kalengkongan)

MALUKU, iNews.id – Rencana evakuasi 11 anak buah kapal (ABK) Kapal Motor (KM) Mina Sejati yang menjadi korban pembacakan kembali terkendala. Tim gabungan batal melakukan pencarian pada Selasa (20/8/2019).

Pantauan iNews, sejak pagi aparat gabungan sudah berkumpul di areal Pelabuhan Yos Sudarso, Kota Dobo, Kepulauan Aru, Provinsi Maluku. Tampak ada sejumlah anggota Lanal Aru, polisi, BPBD Aru hingga Bupati Kepulauan Aru Johan Gonga.

Keberadaan mereka di pelabuhan untuk menunggu kedatangan KRI Teluk Lada. Kapal ini direncanakan akan membawa ABK KM Mina Sejati yang selamat. Sekitar pukul 10.30 WIT, KRI Teluk Lada akhirnya merapat ke Pelabuhan Yos Sudarso. Namun ketika akan berlabuh terjadi gesekan dengan kapal lain yang sedang sandar hingga menyebabkan KRI Teluk Lada tak jadi merapat.

BACA JUGA: KM Mina Dibajak, Polda Maluku Intensifkan Negosiasi untuk Selamatkan Sandera

Informasi awal, tim gabungan bersiap untuk mengevakuasi 11 ABK yang selamat. Namun belakangan, justru kabar yang beredar makin tak jelas mengenai keberadaan kru tersebut.

Bahkan dalam rilisnya, Kadispenal Laksamana Pertama Muhammad Zainal mengungkapkan jika anggotanya telah berhasil naik ke KM Mina Sejati. Namun tidak menemukan apapun di dalam kapal.

Padahal sesuai informasi ABK yang selamat, masih ada belasan kru lain di dalam kapal tersebut. Anggota juga tak menemukan lima jenazah ABK yang diduga terlibat perkelahian di atas kapal.

BACA JUGA: Pembajakan KM Mina Sejati di Laut Dobo Kepulauan Aru Diawali Tawuran antara ABK

Sementara Tim SAR gabungan dari Pos SAR Tual telah mengevakuasi dua ABK yang dilaporkan tewas saat terjun ke laut bersama 11 ABK lainnya ketika terjadi perkelahian sesama kru kapal.

"Dua korban tewas ini sudah berada di atas KM Gemilang, kapal nelayan yang saat itu berada di sekitar perairan Dobo, Kabupaten Kepulauan Aru," ujar Kepala SAR Ambon Muslimin, Senin (19/8/2019).

Diketahui, KM Mina Sejati dibajak krunya sendiri di perairan Laut Dobo, Kabupaten Kepulauan Aru. Diduga terjadi tawuran antara ABK. informasi diperoleh, jumlah ABK Mina Sejati 36 orang. Tiga orang pelaku menyerang ABK yang mengakibatkan lima meninggal dunia dan lainnya menyelamatkan diri dengan cara melompat ke laut.


Editor : Donald Karouw