Gempa 5,0 SR Guncang Maluku Tenggara Barat, Tak Berpotensi Tsunami

Antara ยท Selasa, 18 Desember 2018 - 07:14 WIB
Gempa 5,0 SR Guncang Maluku Tenggara Barat, Tak Berpotensi Tsunami

Ilustrasi gempa bumi. (Foto: Okezone)

AMBON, iNews.id - Gempa tektonik berkekuatan 5,0 Skala Richter (SR) mengguncang Kabupaten Maluku Tenggara Barat (MTB), Selasa (18/12/2018) pagi. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mencatat, gempa terjadi tepat pukul 06.29 WIT.

"Gempa dengan episentris 7,58 Lintang Selatan (LS) dan 128,98 Bujur Timur (BT) pada kedalaman 164 kilometer dengan arah 264 kilometer Barat Daya Kabupaten MTB," kata Kepala BMKG Kelas I Ambon, Abraham Mustamu, Senin (18/12/2018).

BMKG Ambon mengimbau masyarakat agar tetap tenang dan terus mengikuti informasi serta arahan dari BPBD setempat.

Secara khusus masyarakat di pesisir pantai diimbau agar tidak terpancing isu, karena gempa bumi yang terjadi tidak berpotensi tsunami.

Catatan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyatakan, Maluku termasuk salah satu daerah yang rentan dan rawan terjadi bencana alam berupa gempa tektonik yang dapat menimbulkan kerusakan berat, termasuk terjadinya tsunami.

Maluku berada pada pertemuan tiga lempeng besar, yakni Pasifik, Indo Australia, dan Eurasia. Lempeng Indo Australia masuk ke bawah Eurasia, bertemu dengan Lempeng Pasifik sehingga mengakibatkan patahan yang tidak beraturan.


Editor : Himas Puspito Putra