Gempa 5,9 SR Guncang Ternate, Tidak Berpotensi Tsunami

Antara ยท Rabu, 20 Februari 2019 - 08:10 WIB
Gempa 5,9 SR Guncang Ternate, Tidak Berpotensi Tsunami

Ilustrasi gempa bumi. (Foto: Okezone)

TERNATE, iNews.id - Gempa bumi dengan kekuatan 5,9 Skala Richter (SR) menguncang wilayah di 130 kilometer Barat Baya Ternate, Provinsi Maluku Utara, pukul 07.10 WIB pada kedalaman 30 kilometer, Rabu (20/2/2019) pagi.

"Namun gempa itu tidak berpotensi tsunami," kata Staf Operasional Stasiun Geofisika Winangun, Kota Manado, Christin.

Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Rahmat Triyono, mengatakan gempa bumi ini terjadi pada 131 kilometer arah Barat Kota Ternate, Provinsi Maluku Utara (hasil update), akibat sesar lempeng Laut Maluku.

"Memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi menengah," kata Triyono.

Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa lindu di wilayah laut sebelah Barat Kabupaten Kota Ternate ini, dibangkitkan oleh deformasi batuan dengan mekanisme pergerakan dari struktur sesar naik (Thrust Fault).

Dampak guncangan berdasarkan informasi dari masyarakat dirasakan di Ternate II-III MMI, sedangkan di Manado, Bitung, dan Kotamubagu dirasakan II MMI. Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut.

"Sampai pukul 07.28 WIB belum menunjukkan adanya aktivitas gempa susulan (aftershock)," ujarnya.

Dia berharap, masyarakat tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal