Gempa 6,6 SR di Kepulauan Aru Rusak Rumah Warga dan Sebuah Rumah Sakit

Andi Mohammad Ikhbal ยท Sabtu, 26 Januari 2019 - 17:58 WIB
Gempa 6,6 SR di Kepulauan Aru Rusak Rumah Warga dan Sebuah Rumah Sakit

Ilustrasi. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNews.id – Gempa bumi berkekuatan 6,6 skala richter (SR) yang mengguncang Kabupaten Kepulauan Aru, Provinsi Maluku, Sabtu (26/1/2019) pukul 15:12 WIB, menimbulkan kerusakan dua bangunan. Kendati demikian dipastikan tak ada korban dan situasi sudah kondusif.

"Korban jiwa nihil, namun ada kerugian materil 1 unit rumah rusak ringan dan sebuah rumah sakit rusak ringan karena plafonnya berjatuhan,” ujar Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho dalam keterangannya yang diterima iNews.id, Sabtu (26/1/2019).


Dia menjelaskan, berdasarkan laporan BPB Kepulauan Aru, getaran gempa dirasakan kuat selama 5 detik. Sebagian masyarakat panik dan keluar rumah saat kejadian.

BACA JUGA: Gempa 6,6 SR Guncang Kepulauan Aru, Getaran Terasa hingga Wamena Papua

“Gempa tidak berpotensi tsunami. Kondisi juga kondusif. Masyarakat sudah kembali ke rumahnya masing-masing dan tidak ada yang mengungsi,” ujarnya.

Diketahui, berdasarkan hasil analisa Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menginformasikan, lokasi episenter gempa berada di titik koordinat 5.51 Lintang Selatan (LS) dan 133.81 Bujur Timur (BT). Pusat gempa berada di laut, 112 kilometer (Km) barat laut Kepulauan Aru. Gempa dirasakan skala MMI III di Dobo, hingga skala MMI II di Timika, III di Nabire dan II Wamena, Papua.


Editor : Donald Karouw