Gempa Ambon, Ratusan Orang Luka-Luka dan Ribuan Warga Mengungsi

Ilma De Sabrini ยท Kamis, 26 September 2019 - 20:15 WIB
Gempa Ambon, Ratusan Orang Luka-Luka dan Ribuan Warga Mengungsi

Korban gempa dalam penanganan medis rumah sakit. (Foto: Dok iNews).

AMBON, iNews.id - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) mencatat ada ratusan warga di Kota Ambon, Maluku mengalami luka-luka akibat gempa bermagnitudo 6,8 pada Kamis (26/9/2019) pagi tadi. Sedikitnya 2.000 orang mengungsi dan membutuhkan bantuan logistik.

Kepala Pelaksana BPBD Maluku, F Salampessy mengatakan, korban luka-luka yang terdata sementara ini ada sekitar 100-an orang warga Desa Liang luka-luka dalam gempa tersebut.

"Satu orang luka berat di Desa Waisama, Kabupaten Seram Bagian Barat, atas nama Jono," kata Salampessy dalam siaran pers yang diterima iNews.id, Kamis.

BACA JUGA: Update 20 Orang Meninggal Dunia dalam Gempa di Ambon, Ini Identitasnya

Sedangkan, ada 2.000 warga kini mendatangi lokasi pengungsian. Selain alasan keamanan, karena takut terjadi gempa susulan, kondisi tempat tinggal mereka pun mengalami kerusakan.

Menurut dia, saat ini para pengungsi membutuhkan bantuan logistik dan makanan, serta obat-obatan. Selain itu, tenda atau terpal di lokasi pengungsian juga masih kurang untuk menampung warga yang datang ke sana.

"Kebutuhan lain untuk para pengungsi seperi makanan dan kebutuhan bayi, pembalut perempuan, alat penerangan, tandon air MCK serta trauma hilling untuk anak," ujar dia.

BACA JUGA: Update Gempa Ambon M 6,8: 15 Bangunan dan Jalan Rusak, Ini Daftarnya

Sebelumnya, gempa bumi tektonik Magnitudo 6,8 mengguncang Kota Ambon dan sekitarnya, Provinsi Maluku, Kamis (26/9/2019), pukul 06.46 WIB. Pusat gempa berada di arah timur laut Kota Ambon pada kedalaman 10 km.

Bencana tersebut juga memakan korban jiwa. Tercatat 20 orang meninggal dunia dalam peristiwa tersebut. Hingga kini BPBD masih terus mendata, karena ada kemungkinan jumlah korban masih bertambah.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal