Gempa Bumi 4,8 SR Guncang Bula Maluku, Tak Berpotensi Tsunami

Antara ยท Selasa, 14 Mei 2019 - 07:58 WIB
Gempa Bumi 4,8 SR Guncang Bula Maluku, Tak Berpotensi Tsunami

Ilustrasi gempa. (Foto: Istimewa)

AMBON, iNews.id – Gempa tektonik berkekuatan 4,8 Skala Richter (SR) mengguncang Kota Bula dan sekitarnya di Kabupaten Seram Bagian Timur, Provinsi Maluku, Selasa (14/5/2019) pukul 01.53 WIT. Getaran gempa dipastikan tidak berpotensi menimbulkan tsunami.

Kepala Stasiun Geofisika Ambon Sunardi mengatakan, titik koordinat gempa ada pada 2,8 lintang selatan (LS) dan 130,44 bujur timur (BT), tepatnya berlokasi di laut sekitar 35 kilometer (Km) utara Bula dengan kedalaman 10 Km.

"Memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis dangkal akibat aktivitas sesar lokal," ujarnya di Ambon, Selasa (14/5/2019).

Sunardi menjelaskan, dampak gempa bumi berdasarkan informasi masyarakat dirasakan di Bula skala II hingga III MMI. Di daerah tersebut, guncangan gempa bumi dirasakan banyak orang.

"Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami,” katanya.

Selain itu menurutnya, hasil monitoring BMKG belum ada aktivitas gempa bumi susulan (aftershock) Masyarakat diimbau tetap tenang dan tidak terpengaruh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.


Editor : Donald Karouw