Gempa Hari ini Magnitudo 3,3 Kembali Guncang Ambon

Donald Karouw ยท Rabu, 09 Oktober 2019 - 11:52 WIB
Gempa Hari ini Magnitudo 3,3 Kembali Guncang Ambon

Ilustrasi gempa. (Foto: Istimewa)

AMBON, iNews.id - Gempa berkekuatan M 3,3 kembali mengguncang Ambon, Maluku, Rabu (9/10/2019) sekitar pukul 08.29 WIB. Informasi yang didapat dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengatakan pusat gempa di darat 25 km timur laut Ambon dan kedalaman 10 km.

BMKG juga menginformasikan, gempa ini Modified Mercalli Intensity (MMI) III. Artinya getaran dirasakan nyata dalam rumah, seolah ada truk besar yang lewat. Masyarakat wilayah Tulehu, kecamatan Sala Hutu, Ambon ikut merasakan getaran gempa ini.

BACA JUGA: Gempa Bumi Magnitudo 2.8 Guncang Kota Palu Jumat Dini Hari

Di jam yang sama, gempa dengan kekuatan M 3,7 juga mengguncang Ambon. Pusat gempa ini berada di laut, 24 km Timur Laut Ambon dengan kedalaman 10 km.

Gempa ini dirasakan (MMI) III, dan dirasakan oleh warga di Ambon dan Talehu. Sementara (MMI) II dirasakan warga Kairatu. (MMI) II artinya getaran dirasakan oleh beberapa orang dan benda-benda ringan yang digantung ikut bergoyang.

Sementara pada pagi harinya, sekitar pukul 05.50 WIB, gempa berkekuatan M 3,3 juga melanda Ambon. BMKG mengatakan pusat gempa berada di darat, 20 km selatan Kairatu dengan kedalaman 10 km. Gempa pagi ini dirasakan (MMI) II Ambon, II – III Biak. Artinya masyarakat di kota Ambon dan Biak merasakan getaran gempa ini.


Editor : Umaya Khusniah