Gempa Susulan Terus Guncang Labuha, Getaran Dirasakan hingga Sorong

Kastolani ยท Minggu, 14 Juli 2019 - 17:36 WIB
Gempa Susulan Terus Guncang Labuha, Getaran Dirasakan hingga Sorong

Gempa susulan masih melanda Labuha, Halmahera Selatan, Maluku Utara. (Foto: BMKG)

JAKARTA, iNews.id – Gempa susulan masih mengguncang Labuha, Kabupaten Halmahera Selatan, Maluku Utara pascagempa berkekuatan 7,2 Skala Richter (SR) yang terjadi pukul 16.10 WIB, Minggu (14/7/2019).

Dari data BMKG, gempa susulan dengan kekuatan bervariasi melanda Labuha. Gempa susulan pertama terjadi pukul 16.43 WIB dengan kekuatan 5,8 SR. Selang 11 menit kemudian tepatnya pada pukul 16.54 WIB, gempa dengan kekuatan 5,0 SR kembali terjadi. Setelah itu, gempa berkekuatan 5,4 SR menggoyang kembali wilayah Labuha sekitar pukul 17.05 WIB.

BMKG juga menyebutkan, gempa awal dengan kekuatan 7,2 SR dirasakan di beberapa daerah. Di antaranya, Skala V (MMI) di Obi, III Labuha, II-III Manado, II-III Ambon, II Ternate, II Namlea, II Gorontalo, II Sorong, dan II Bolang Mongondow.

BMKG menyatakan, gempa di Labuha tidak berpotensi menimbulkan tsunami. Hingga kini, belum diketahui dampak yang ditimbulkan dari gempa tersebut.

BACA JUGA:

Gempa 7,2 Skala Richter Guncang Labuha Malut, BMKG: Tidak Berpotensi Tsunami

Diguncang Gempa 7,2 SR, Warga Labuha Malut Panik dan Behamburan Keluar Rumah

Gempa Susulan 5,8 SR Guncang Labuha Maluku Utara

Meski demikian, warga Labuha dilanda kepanikan. Mereka berhamburan keluar rumah untuk menyelamatkan diri.

Staf BPBD Halmahera Selatan, Iksan Subur mengatakan, warga Labuha sempat panik dan berhamburan keluar rumah setelah gempa bumi dengan kekuatan 7,2 SR yang terjadi pukul 16.10 WIB.

Menurut Iksan Subur, gempa dirasakan kuat di Kabupaten Halmahera selatan selama 2-5 detik dan masyarakat panik berhamburan keluar rumah. “Masyarakat panik dan lari berhamburan keluar,” katanya dalam keterangan tertulisnya yang diterima iNews.id.

Dia mengatakan, BPBD masih melakukan koordinasi dengan instansi terkait dampak bencana gempa bumi tersebut. Hingga saat ini, belum diketahui dampak yang ditimbulkan akibat gempa tersebut.


Editor : Kastolani Marzuki