Gempa Tektonik Magnitudo 3,0 Guncang Ambon, Tidak Berpotensi Tsunami

Andi Mohammad Ikhbal ยท Sabtu, 17 Agustus 2019 - 22:15 WIB
Gempa Tektonik Magnitudo 3,0 Guncang Ambon, Tidak Berpotensi Tsunami

Ilustrasi gempa. (Foto: Dok iNews).

AMBON, iNews.id - Gempa dengan magnitudo 3,0 mengguncang Kota Ambon, Maluku, Sabtu (17/8/2019). Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebut gempa tersebut tidak berpotensi tsunami.

BMKG melaporkan gempa terjadi pukul 21.37 WIT. Episenter gempa terletak pada koordinat 3,74 lintang selatan dan 128,37 bujur timur, atau tepatnya berlokasi di laut 23 kilometer Timur Ambon pada kedalaman 10 kilometer.

"Dengan memerhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa dangkal akibat aktivitas sesar lokal," kata Kepala Stasiun Geofisika Ambon, Sunardi, dalam keterangan pers yang diterima iNews.id.

Informasi masyarakat, dampak gempa dirasakan di Kota Ambon dengan skala intensitas II MMI. Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan dari gempa tersebut.

"Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami," ujar dia.

Hingga pukul 21.37 WIT, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa susulan (aftershock). Masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Masyarakat juga diminta menghindari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan gempa. Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal tahan gempa.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal