Gunung Gamalama di Ternate Malut Erupsi, Tinggi Kolom Abu 300 Meter

Agus Suprianto ยท Sabtu, 02 Maret 2019 - 12:12 WIB
Gunung Gamalama di Ternate Malut Erupsi, Tinggi Kolom Abu 300 Meter

Asap putih tampak keluar dari kawan Gunung Gamalama yang kembali erupsi, Sabtu (2/3/2019). (Foto: iNews/Agus Suprianto)

TERNATE, iNews.idGunung Gamalama di Ternate, Maluku Utara (Malut), kembali erupsi, Sabtu (2/3/2019). Gunung api itu mengeluarkan asap putih dengan tinggi kolom abu 300 meter dari dalam kawah ke permukaan gunung. Semburan abu mengarah ke selatan serta barat daya.

Kepala Pos Pengamatan Gunung Api Gamalama Darno Lamane mengatakan, alat seismograf yang merekam sejak pukul 00.00 Wita hingga 09.00 Wita, mencatat terjadi 13 kali gempa hembusan dan 4 kali gempa vulkanik.

“Sejak beberapa hari terakhir terpantau aktivitas vulkanis Gunung Gamalama cenderung meningkat. Namun statusnya masih level II Waspada,” ujarnya, Sabtu (2/3/2019).

BACA JUGA: Gunung Merapi Semburkan 7 Kali Awan Panas, Berpotensi Hujan Abu

Darno meminta warga meningkatkan kewaspadaan dengan adanya peningkatan aktivitas vulkanis ini. Dia juga menegaskan agar jangan ada warga yang mudah percaya dengan informasi berkembang yang tak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

“Warga tetaplah beraktifitas seperti biasa saja, namun selalu meningkatkan kewaspadaan,” katanya.

Saat ini telah dikeluarkan rekomendasi larangan mendaki atau mendekati kawah Gunung Gamalama. Warga maupun wisatawan diimbau untuk tidak mendekat dalam radius 1,5 kilometer (Km). Selain itu, warga yang berada dibantaran kali juga diminta mewaspadai adanya ancaman aliran lahar dingin karena letusan menghasilkan mengembusan abu vulkanik. Khususnya jika terjadi hujan.

Diketahui, gunung api ini sebelumnya sempat eruspi pada awal Oktober 2018. Ketika itu abu vulkanis menyelimuti tiga kelurahan di Kecamatan Pulau Ternate. Yakni Kelurahan Takome, Togafo, dan Kelurahan Loto.


Editor : Donald Karouw