Hujan Abu Vulkanik Gunung Gamalama Guyur 3 Kelurahan di Ternate

Agus Suprianto ยท Kamis, 04 Oktober 2018 - 18:30 WIB
Hujan Abu Vulkanik Gunung Gamalama Guyur 3 Kelurahan di Ternate

Petugas BPBD Ternate membagikan masker kepada warga terdampak abu vulkanik Gunung Gamalama di Maluku Utara. (Foto: iNews.id/Agus Suprianto)

Facebook Social Media Twitter Social Media Google+ Social Media Whatsapp Social Media

TERNATE, iNews.id - Tim SAR gabungan bergerak cepat membagikan masker kepada warga yang terkena dampak debu vulkanik erupsi Gunung Gamalama di Ternate, Maluku Utara, yang meletus sekitar pukul 11.52 WIT, Kamis (4/10/2018). Hingga saat ini, gunung tersebut masih berstatus Waspada.

Dari data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Ternate, daerah terparah yang dilanda hujan abu akibat letusan Gunung Gamalama, yakni Kelurahan Takome, Togafo, dan Loto yang berada di Kecamatan Pulau Ternate.

Kepala BPBD Kota Ternate, Hasim Yusuf mengatakan, ada 15.000 masker yang dibagikan tim SAR gabungan bersama Dinas Kesehatan Kota Ternate kepada warga di tiga kelurahan tersebut. “Kelurahan Takome merupakan yang terparah terkena dampak abu vulkanik,” katanya.

BACA JUGA:

Gunung Gamalama di Ternate Meletus, Tinggi Kolom Abu 250 Meter 

BNPB: Tidak Ada Korban Jiwa dan Luka akibat Letusan Gunung Soputan

Selain pembagian masker, kata dia, BPBD Terate juga terus memantau rutin tiap kelurahan yang terkena abu vulkanik Gunung Gamalama.

“Dari hasil pemantauan sementara, belum ada dampak vulkanik yang membahayakan warga. Sehingga belum ada upaya warga yang harus diungsikan,” katanya.

Meski demikian, kata Hasim, Pemkot Ternate sudah menyiapkan sejumlah titik pengungsian untuk mengantisipasi jika sewaktu-waktu adanya ancaman yang membahayakan warga.

Pos Pengamatan Gunung Gamalama Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) mencatat, tinggi kolom abu teramati 250 meter di atas puncak kawah atau 1.965 meter di atas permukaan laut. 

“Kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas sedang hingga tebal condong ke arah barat laut,” kata Kepala Pos Pengamatan Gunungapi Gamalama PVMBG, Darno Lamane di Ternate, Kamis (4/10/2018).


Editor : Kastolani Marzuki