Imigrasi Ambon Deportasi 14 WNA, Terbanyak asal Filipina

Antara ยท Selasa, 18 September 2018 - 14:22 WIB
Imigrasi Ambon Deportasi 14 WNA, Terbanyak asal Filipina

Ilustrasi. (Foto: Istimewa)

Facebook Social Media Twitter Social Media Google+ Social Media Whatsapp Social Media

AMBON, iNews.id – Kantor Imigrasi Kelas I Ambon selama periode Januari hingga Agustus 2018 telah mendeportasi 14 warga negara asing (WNA). Mereka yakni berasal dari Filipina, Myanmar dan Jepang.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Ambon Budi Prayitno mengatakan, kebanyakan dari mereka merupakan eks nelayan tradisional, terutama WNA Filipina yang memang tidak memiliki dokumen sama sekali.

"Jadi selama periode Januari-Agustus, Kantor Imigrasi Ambon memulangkan 14 WNA. Masing-masing satu orang asal Myanmar dan Jepang, sedangkan 12 lainnya Filipina," kata Prayitno, Selasa (18/9/2018).

Sementara warga Myanmar yang dipulangkan rata-rata mantan anak buah kapal nelayan yang memiliki surat pernyataan semacam buku pelaut dari pemerintah Thailand. Karena memang saat mereka bekerja rata-rata dari Thailand.

"Hasil pemeriksaan, mereka ini nelayan asal Thailand berdasarkan buku pelaut yang ada. Tetapi dokumen jati diri dan sebagainya mereka ini warga negara asal Myanmar yang kebetulan kerja di Thalinad," ujarnya.

Kemudian WNA asal Jepang yang dipulangkan beberapa waktu lalu sebenarnya bukan pekerja laut, tetapi pembuatan ikan kayu yang masuk melalui Kota Malang, Jawa Timur. Dia datang ke Ambon dengan harapan mendapat surat perizinan dari Dinas Perindustrian, ternyata setelah dua tahun yang bersangkutan tidak pernah melapor ke instansi pemerintah tersebut.

Budi melanjutkan, proses pemulangan terkait WNA asal Filipina melalui kerja sama dengan pihak kedutaan, sedangkan asal Myanmar ditangani pihak IOM.


Editor : Donald Karouw