Kepulauan Tanimbar dan Seram Bagian Timur Baru akan Nyoblos 23 April

Antara ยท Jumat, 19 April 2019 - 01:20 WIB
Kepulauan Tanimbar dan Seram Bagian Timur Baru akan Nyoblos 23 April

Ilustrasi pemilu. (Foto: dok iNews)

AMBON, iNews.id – Sejumlah tempat pemungutan suara (TPS) di dua kabupaten Provinsi Maluku hingga saat ini belum melangsungkan pemungutan suara Pemilihan Umum (Pemilu) 2019. Keduanya yakni Kabupaten Kepulauan Tanimbar dan Seram Bagian Timur (SBT).

Ketua Bawaslu Maluku Abdullah Elly mengatakan, pelaksanaan pemilu di dua daerah itu harus ditunda karena keterbatasan logistik surat suara. Hingga waktu pelaksanaan pada Rabu (17/4/2019), logistik pemilu tak dapat terpenuhi. Di mana di Kepulauan Tanimbar terdapat 20 tempat pemungutan suara (TPS) dan sembilan lainnya di SBT.

"Soal jadwal pelaksanaan pemungutan suara baiknya dikonfirmasikan ke masing-masing Bawaslu yang berkoordinasi dengan KPU, Pemkab maupun Forkopimda setempat," kata Abdullah, Kamis (18/4/2019).

BACA JUGA: 3 TPS di Jateng Gelar Pemungutan Suara Ulang Pemilu 2019

Ketua Bawaslu kabupaten Kepulauan Tanimbar Mathias Alubmawan mengakui, jika sudah membahas pelaksanaan pemungutan suara yang tertunda. Sesuai rapat dengan KPU, Pemkab dan Forkopimda MTB, disepakati pemungutan suara ditunda hingga 23 April 2019.

"Jadi penundaan pemugutan suara ini telah dilaporkan kepada KPU maupun Bawaslu RI melalui KPU Maluku dan Bawaslu Maluku, khususnya menyangkut pencetakan dan pengiriman logistik," ujar Mathias.

Selain itu juga disepakati, salah satu komisioner KPU Kabupaten Kepulauan Tanimbar akan berangkat ke Jakarta untuk berkoordinasi soal pencetakan, pengiriman dan pendistribusian logistik Pemilu di 20 TPS tersebut.

"20 TPS terdiri atas 17 TPS di Kelurahan Saumlaki dan tiga lainnya di Desa Lermatang," kata Tias.


Editor : Donald Karouw