Korban Gempa Bumi Halmahera Selatan Bertambah, 4 Orang Tewas dan 51 Luka-luka

Aditya Pratama ยท Selasa, 16 Juli 2019 - 16:13 WIB
Korban Gempa Bumi Halmahera Selatan Bertambah, 4 Orang Tewas dan 51 Luka-luka

Pelaksana harian (Plh) Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Agus Wibowo menjelaskan perkembangan dampak gempa di Halmahera Selatan, di Graha BNPB, Jakarta, Selasa (16/7/2019). (Foto: iNews.id/Aditya Pratama)

JAKARTA, iNews.id – Korban jiwa akibat gempa bumi berkekuatan magnitudo 7,2 yang mengguncang Kabupaten Halmahera Selatan, Provinsi Maluku Utara, pada Minggu (14/7/2019) lalu kembali bertambah. Data Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyebutkan, jumlahnya kini menjadi empat orang.

“Data yang kita kumpulkan sampai hari ini bertambah jumlahnya menjadi empat orang meninggal untuk di Halmahera,” ujar ucap Pelaksana harian (Plh) Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Agus Wibowo di Graha BNPB, Jakarta, Selasa (16/7/2019).

BACA JUGA:

Penanganan Gempa di Halmahera Terkendala Masalah Akses

BPBD Malut: 3 Tewas dan 971 Rumah Rusak akibat Gempa 7,2 SR di Halmahera Selatan

Agus menjelaskan, tiga orang yang meninggal berasal dari Kecamatan Gane Selatan dan satu orang dari Kecamatan Gane Barat. Selain itu, jumlah korban luka-luka juga bertambah.

“Korban lukanya ada 51 orang, dua orang luka berat, dan 49 luka ringan, dengan pengungsi ada tiga ribuan yang tersebar di 15 titik,” ucapnya.

Jumlah pengungsi saat ini berjumlah 3.104 orang yang tersebar di beberapa titik. Sementara itu, untuk rumah yang mengalami rusak berat sebanyak 971 unit. “Jumlah rumah yang rusak masih sama dengan yang kemarin,” kata Agus.


Editor : Maria Christina