Maluku Tenggara Akan Berubah Nama Jadi Kabupaten Kepulauan Kei

Antara · Rabu, 09 Oktober 2019 - 10:10 WIB
Maluku Tenggara Akan Berubah Nama Jadi Kabupaten Kepulauan Kei

Wilayah Maluku Tenggara di maps. (Foto: Istimewa).

AMBON, iNews.id - Kabupaten Maluku Tenggara akan berubah nama menjadi Kabupaten Kepulauan Kei. Tujuannya untuk lebih menguatkan sumber daya yang ada demi kemakmuran masyarakat di daerah tersebut.

"Pendekatan pembangunan Kabupaten Kepulauan Kei, yakni dengan pendekatan pembangunan berwawasan kepulauan," kata Bupati Maluku Tenggara, M Thaher Hanubun, kepada wartawan di Ambon, Maluku, Rabu (9/10/2019).

Untuk skala provinsi, kata dia, penamaan Kabupaten Kepulauan Kei juga akan semakin mendorong pembentukan Provinsi Maluku Tenggara. Menurut dia, hal tersebut tentu menjadi cita-cita bersama.

Secara historis, Maluku Tenggara merupakan kesatuan masyarakat adat yang dikenal Kei atau Evav. Kearifan lokal penamaan tersebut, menjadi rumusan dalam pengambilan nama Kepulauan Kei.

Pada awal pembentukannya di tahun 1952, Maluku Tenggara memiliki wilayah yang sangat luas dan mencakup hingga Kepulauan Tanimbar, Kepulauan Aru hingga Maluku Barat Daya serta Kota Tual saat ini.

Tapi saat ini, wilayah tersebut hanya terdiri dari pulau Kei Kecil, Kei Besar, Ur, Warbal, dan Tanimbar Kei, setelah terjadi pemekaran di daerah-daerah lain, yang dulunya masuk dalam batas wilayah Maluku Tenggara.

"Usulan penamaan Kabupaten Kepulauan Kei sudah disampaikan di rapat paripurna DPRD, Selasa (8/10/2019) kemarin," ujar dia.

Setelah melewati diskusi panjang, semua pihak bersepakat untuk mengubah nama Maluku Tenggara menjadi Kepulauan Kei. Setelah disetujui dewan, tahap berikutnya yakni pemerintah provinsi dan pusat.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal