Pagi Ini Malut Kembali Diguncang Gempa Sebesar 4,8 SR

Antara ยท Selasa, 09 Juli 2019 - 08:29 WIB
Pagi Ini Malut Kembali Diguncang Gempa Sebesar 4,8 SR

Ilustrasi gempa bumi. (Foto: Istimewa)

TERNATE, iNews.id - Gempa kembali mengguncang Kota Ternate, Maluku Utara, Selasa (9/7/2019) pukul 07.57 WITA. Pusat gempa berada di 107 kilometer barat Ternate, atau di sekitar lokasi gempa 7,1 skala richter (SR).

Gempa kali ini hanya berkekuatan 4,8 SR, berada pada kedalaman 26 kilometer. BMKG mencatat gempa tersebut tidak berpotensi tsunami.

BACA JUGA: Peringatan Dini, BMKG Sebut 7 Daerah Rawan Tsunami di Sulut dan Malut

"Masih di sekitar gempa utama 7,1 SR yang terjadi pada Minggu (7/7/2019) kemarin," kata Kepala Seksi Data dan Informasi Stasiun Geofisika Winangun, Kota Manado, Edward H Mengko, kepada wartawan, Selasa (9/7/2019).

BMKG juga mencatat hingga Selasa pukul 08.04 WITA, sudah ada sebanyak 87 gempa susulan terjadi pascagempa utama 7,1 SR di Ternate. Dari puluhan gempa susulan yang terekam tersebut, tiga di antaranya dapat dirasakan.

BACA JUGA: Gempa Bumi 7,1 SR Guncang Ternate Maluku Utara, Begini Penjelasan BMKG

Gempa signifikan seperti yang terjadi di antara perairan Sulawesi Utara dan Maluku Utara hampir selalu diikuti gempa susulan untuk mencapai kestabilan.

"Bisa dipengaruhi densitas batuan, tekanan lempeng tektonik yang terus bergerak atau gaya-gaya yang bekerja, kita mengistilahkan terjadi peluruhan," ujar dia.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal