Partai Nasdem Resmi Usung Burhan-Ishak di Pilgub Maluku Utara 2018

Annisa Ramadhani ยท Minggu, 07 Januari 2018 - 13:52 WIB
Partai Nasdem Resmi Usung Burhan-Ishak di Pilgub Maluku Utara 2018

Partai Nasdem resmi dukung Burhan Abdurahman dan Ishak Djamaluddin di Pilgub Maluku Utara 2018. (Foto: iNews.id/Annisa Ramadhani)

JAKARTA, iNews.id - Partai Nasional Demokrat (Nasdem) secara resmi menyerahkan persetujuan kepada Burhan Abdurahman dan Ishak Djamaluddin sebagai pasangan calon gubernur (cagub) dan calon wakil gubernur (cawagub) di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Maluku Utara 2018.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Nasdem Johnny G Plate mengatakan, jajaran Partai Nasdem di daerah untuk segera mendafatarkan pasangan calon tersebut bersama partai koalisi lain ke Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Maluku Utara. Dia juga meminta jaringan Nasdem di daerah ikut menyuksesakan Pilkada Maluku Utara.

"Keputusan DPP Partai Nasdem nomor 262-Kpts/DPP-Nasdem/XII/2017 tentang persetujuan pasangan gubernur dan wakil gubernur Maluku Utara. Untuk Provinsi Maluku Utara nama Cagub Burhan Abdurahman, Cawagub Ishak Djamaluddin," kata Johnny di Kantor DPP Demokrat, Gondangdia, Jakarta Pusat, Minggu (7/1/2018).

Kemunculan Burhan sebagai cagub Maluku Utara tidak terduga sebelumnya karena jarang ada yang mengaitkan. Meski begitu, Johnny menganggap wajar hal tersebut dalam dinamika politik.

"Proses politik begitu, dinamikanya luar biasa. Ada banyak calon di pilgub yang tidak berhasil memenuhi syarat minimum kursi koalisi sehingga harus menyesuaikan kembali. Kami akhirnya memilih Burhan dan wakilnya Ishak," katanya.

Meski jelang Pilgub Maluku Utara nama Burhan kurang disorot, Johnny mengaku Nasdem telah lama mencanangkan nama Burhan untuk diusung sebagai cagub. Namun peliknya komunikasi politik antarpartai yang terjadi di Maluku Utara sehingga baru bisa memunculkan nama Burhan.

"Itulah politik. Kepastiannya sudah dari dulu tapi baru tadi malam diumumkan. Semakin banyak partai koalisi yang mendukung calon, maka semakin baik," ujarnya.

Paslon Burhan dan Ishak sejauh ini telah mengantongi 18 kursi parlemen yang diperoleh dari Partai Demokrat 3 kursi, Nasdem 5, Hanura 4, PKB 1, PKPI 2 dan PBB 3.


Editor : Achmad Syukron Fadillah