Pascagempa di Sulut dan Maluku Utara, 2 Daerah Ini Terkena Hantaman Tsunami Kecil

Ilma De Sabrini ยท Jumat, 15 November 2019 - 07:45 WIB
Pascagempa di Sulut dan Maluku Utara, 2 Daerah Ini Terkena Hantaman Tsunami Kecil

Ilustrasi gelombang tinggi (Foto: Dok iNews).

TERNATE, iNews.id - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mendeteksi, gelombang tsunami menghantam wilayah pesisir Sulawesi Utara (Sulut) dan Maluku Utara pascagempa bermagnitudo 7,1 mengguncang daerah tersebut. Namun tergolong tsunami kecil dengan ketinggian di bawah satu meter.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Agus Wibowo mengatakan, informasi yang didapat dari BMKG, tsunami terjadi di pesisir Kota Jailolo, Kabupaten Halmahera Barat, Maluku Utara dengan ketinggian 0,9 meter dan Kota Bitung, Sulut, ketinggian air mencapai 0,10 meter.

"Tsunami juga terjadi di Kota Ternate, Maluku Utara dengan ketinggian 0,6 meter," kata Agus dalam keterangan pers yang diterima iNews.id, Jumat (15/11/2019).

BACA JUGA: Pascagempa Bermagnitudo 7,1 di Sulut dan Maluku Utara, BMKG Minta Warga Waspadai Guncangan Susulan

Sebelumnya, BMKG mengeluarkan peringatan dini tsunami pascagempa bermagnitudo 7,1 untuk sejumlah daerah di Sulut dan Maluku Utara. Di antaranya, Halmahera (Maluku Utara), Kota Bitung (Sulawesi Utara) dan Ternate (Maluku Utara).

Namun peringatan dini tsunami tersebut sudah diakhiri pada Jumat (15/11/2019) dini hari tadi. Hanya saja, masyarakat diminta tetap waspada potensi gempa susulan.

BACA JUGA: Gempa M 7,1 di Sulut, Warga Halmahera Barat: Air Laut Surut

Gempa kembali terjadi pada pukul 00.55 WIB, dengan magnitudo 5,0 di titik koordinat 1.54 lintang utara dan 126.46 bujur timur atau 128 kilometer Barat Laut Jailolo pada kedalaman 10 kilometer, namun tidak berpotensi tsunami.

Sementara, belum adanya laporan kerusakan infrastruktur ataupun jatuhnya korban jiwa. Tim gabungan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) bersama TNI/Polri sedang berupaya melalukan kaji cepat terkait pascagempa tersebut.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal