Patah Kemudi, KM Tiga Saudara Terombang-Ambing di Laut Maluku

Antara ยท Jumat, 18 Januari 2019 - 10:11 WIB
Patah Kemudi, KM Tiga Saudara Terombang-Ambing di Laut Maluku

Ilustrasi kapal terombang-ambing di tengah laut. (Foto: Okezone)

AMBON, iNews.id - Kapal Motor (KM) Tiga Saudara dilaporkan mengalami patah kemudi dan terombang-ambing di Laut Maluku, Jumat (18/1/2019) pagi. Regu penyelamat dari Kantor Basarnas Ambon dikerahkan untuk mencari kapal yang terapung-apung di laut itu bersama 12 penumpangnya.

"Nakhoda KM Tiga Saudara bernama Ono (40) melaporkan kepada kami pukul 08.40 WIT kalau kapal tersebut mengalami patah kemudi ketika dalam perjalanan dari Namlea, ibu kota Kabupaten Buru menuju pelabuhan Ambon," kata Kepala Kantor Basarnas setempat, Muslimin di Ambon, Jumat (18/1/2019).

Kapal tersebut saat ini sedang terapung-apung di sekitar perairan Desa Larike, Kecamatan Leihitu, Pulau Ambon, Kabupaten Maluku Tengah.

Setelah menerima laporan nakhoda, 15 menit kemudian Kantor Basarnas Ambon mengerahkan regu penyelamat menggunakan Rigid Inflatable Boat (RIB) menuju lokasi untuk melakukan pencarian dan penyelamatan.

"Pukul 08.55 WIT, Tim rescue diberangkatkan ke lokasi untuk memberikan bantuan SAR dengan mengunakan RIB, di mana lokasi pencariannya diduga berada pada koordinat 03 44'25.03"S - 127 53'38.60"E," ujar Muslimin.

Jarak lokasi terapungnya kapal tersebut sekitar 15.30 NM dari Kantor Basarnas Ambon, heading 261.67 arah Barat dari posisi RIB 01 Ambon.

Kondisi cuaca saat ini adalah hujan ringan dengan arah angin Barat - Barat Laut berkecepatan 2 - 20 knots dan ketinggilan gelombang berkisar antara 0.1 2 meter.

Muslimin juga mengimbau masyarakkat nelayan atau pun pengusaha jasa pelayaran antarpulau untuk selalu memperhatikan kondisi perahu dan kapal mereka maupun cuaca sebelum berlayar.


Editor : Himas Puspito Putra