Pengelola KM Mina Sejati Tak Tahu Nasib ABK Hilang

Antara ยท Rabu, 21 Agustus 2019 - 07:55 WIB
Pengelola KM Mina Sejati Tak Tahu Nasib ABK Hilang

Delapan ABK KM Mina Sejati yang selamat dievakuasi ke Pelabuhan Yos Sudarso, Kota Dobo, Kepulauan Aru, Maluku, Selasa (20/8/2019). (Foto: iNews/Ridwan Kalengkongan)

AMBON, iNews.id - Pengelola KM Mina Sejati hingga saat ini tidak tahu nasib anak buah kapal (ABK) yang diduga menjadi korban pembajakan kapal. Hanya nahkoda dan beberapa orang yang sempat menyelamatkan diri saat tahu ada aksi pembajakan.

"Kejadian ini terjadi pada 16 Agustus lalu. Keesokan harinya baru terima laporan dari kapten kapal, bahwa KM Mina Sejati dibajak dan dibawa lari ke arah barat," kata Rinto saat dikonfirmasi wartawan di Ambon, Maluku, Rabu (21/8/2019).

BACA JUGA: KRI Teluk Lada Evakuasi 8 ABK KM Mina yang Selamat ke Pelabuhan Yos Sudarso Dobo

Menurut dia, nahkoda KM Mina Sejati, Awi, dikabarkan selamat dari pembantaian. Dia bersama sejumlah ABK lompat ke laut begitu tahu ada aksi pembantaian di ruang ABK palka bawah kapal.

Dugaan aksi pembajakan kapal tersebut disaksikan awak KM Gemilang Samudra. Nahkoda kapal, Along, langsung menghubungi Rinto ketika melihat kejadian tersebut, dan memintanya melapor ke petugas.

BACA JUGA: Pembajakan KM Mina Sejati di Laut Dobo Kepulauan Aru Diawali Tawuran antara ABK

Ada 18 orang belum diketahui nasibnya, tetapi lima ABK dilaporkan tewas. Namun sejauh ini, jasad mereka belum ditemukan, kecuali dua orang meninggal saat loncat ke laut bersama 11 orang, termasuk nakoda kapal.

Sebelumnya, KM Mina Sejati dibajak di perairan Laut Dobo, Kabupaten Kepulauan Aru, Maluku. Delapan ABK selamat, termasuk nahkoda kapal, dua orang tewas dan 18 lainnya hingga kini tidak diketahui nasibnya.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal