Premium Langka di Ambon, Kendaraan Antre di SPBU

Antara ยท Rabu, 14 November 2018 - 11:29 WIB
Premium Langka di Ambon, Kendaraan Antre di SPBU

Ilustrasi antrean BBM di SPBU. (Foto: Okezone)

AMBON, iNews.id - Bahan bakar minyak (BBM) jenis premium mulai langka di Kota Ambon sejak beberapa hari terakhir. Hingga Rabu (14/11/2018) pagi tadi, antrean panjang kendaraan terjadi sejumlah SPBU di kota tersebut.

Seperti yang terlihat di SPBU Pohon Pule. Akibatnya, arus lalu lintas di kawasan itu menjadi macet. "Hampir setiap hari terjadi antrean pada pagi hari maupun sore hari, dan ini sudah merupakan hal yang biasa, hanya saja hari ini, Rabu, memang terjadi antrean panjang" kata pengemudi mobil angkutan kota (Angkot) jurusan Kudamati, Petrus, Rabu (14/11/2018).

Dia mengatakan, para sopir angkot selalu memperhitungkan waktu isi BBM, biasanya pagi sampai jam 10.00 WIT, kemudian sore mulai pukul 15.00 WIT. "Paling repot itu kendaraan roda dua, selalu saja petugas mengatakan habis, atau kosong, dan ini terjadi hampir di semua SPBU yang ada di Kota Ambon," katanya.

Salah seorang pengemudi motor ojek yang parkir di lokasi SPBU Pohon Pule, Sammy, ketika dikonfirmasi, mengakui dirinya kesulitan mendapatkan premium. "Waduh, hampir saya sudah tidak mau bicara lagi kawan, sudah tiga SPBU yang saya datangi untuk membeli premium, jawaban yang selalu diterima habis, bensin kosong," katanya.

"Yang anehnya lagi, di SPBU yang satu ini masih bisa menjual kepada mobil-mobil Angkot, tetapi untuk sepeda motor sudah di tutup dengan alasan premuim habis," ujarnya lagi.

Dia juga mengatakan pedagang bensin eceran di Kota Ambon tetap menjual bensin dengan harga Rp10.000/botol ukuran satu liter. "Apakah ada pengaturan khusus antara pedagang eceran bensin dengan para pertugas di SPBU tertentu sehingga penjualan bagi para pedagang eceran tetap lancar," ujarnya.

Petugas SPBU Pohon Pule, Nensi mengatakan, kemungkinan pada pukul,15.00 WIT sudah dilakukan penjualan lagi. “Tetapi kalau sekarang memang tidak dilayani,” ucapnya.

Belum diketahui secara pasti penyebab kelangkaan BBM jenis premium tersebut di Kota Ambon. Hingga berita ini dibuat, belum ada konfirmasi mengenai hal ini dari pihak Pertamina.


Editor : Himas Puspito Putra