Satgas TNI AD di Daerah Rawan Maluku Amankan 36 Amunisi Mortir dan Roket di Kebun Warga

Irfan Ma'ruf ยท Sabtu, 16 November 2019 - 11:28 WIB
Satgas TNI AD di Daerah Rawan Maluku Amankan 36 Amunisi Mortir dan Roket di Kebun Warga

Anggota Yonif Raider Khusus 136/Tuah Sakti bersama puluhan amunisi mortir yang ditemukan dalam kebun warga di Maluku Tengah. (Foto: Puspen TNI)

MALUKU TENGAH, iNews.id – Anggota Batalyon Infanteri (Yonif) Raider Khusus 136/Tuah Sakti menemukan 36 butir amunisi mortir dan roket dalam kebun milik warga Negeri Kaitetu Kecamatan Leihitu, Kabupaten Maluku Tengah, Provinsi Maluku. Amunisi persenjataan ini kemudian diamankan prajurit TNI AD yang tergabung dalam Satgas Operasi Pengamanan Daerah Rawan Maluku.

Dansatgas Letkol Inf Hasbul Hasyiek Lubis mengatakan, penemuan ini berawal dari laporan warga setempat yang diterima Kopda Sofian anggota Pos Waitomu Satgas Yonif Raider Khusus 136/Tuah Sakti. Warga mengaku menemukan benda mencurigakan seperti peluru besar saat membersihkan kebun pala miliknya di Hutan Ujung Negeri Kaitetu, berjarak lebih kurang 2 km dari perkampungan.

Mendapat informasi tersebut, Kopda Sopian meneruskan kepada Komandan Pos (Danpos) Waitomu Letda Inf Sahrudi. Selanjutnya Letda Inf Sahrudi menghubungi Babinsa Mamua atas nama Koptu Manulaw yang rumahnya berada di Negeri Kaitetu.

BACA JUGA: Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 411 Kostrad Musnahkan 1.236 Botol Miras Ilegal

Mereka kemudian beserta empat anggota pos berangkat menuju lokasi penemuan benda mencurigakan yang ditemukan warga. Jarak dari pos sekitar 5 km menuju ujung kampung Negeri Kaitetu dan 2 km dari ujung kampung menuju kebun pala.

“Awalnya di lokasi pertama ditemukan 13 butir mortir. Kemudian dilanjutkan pencarian lebih kurang 5 meter dari tempat pertama di pinggir tebing dan ditemukan 23 butir peluru. Terdiri atas 15 peluru Roket dan 8 butir mortir yang ditutupi semak belukar,” ujar Hasbul, Sabtu (16/11/2019).

Benda tersebut kemudian dievakuasi ke lokasi yang aman dan selanjutnya dibawa ke Pos Woitomu. Seluruh peluru mortir dan roket tersebut kini ditempatkan di Pos Woitomu. Selanjutnya, Danpos melaksanakan kordinasi dengan Danki untuk pelaksanaaan pengamanan peluru mortir.


Editor : Donald Karouw