Sempat Diduga Tercemar, Pemkot: Ikan di Pasar Arumbe Ambon Bebas Bakteri E.coli

Antara ยท Rabu, 31 Juli 2019 - 07:15 WIB
Sempat Diduga Tercemar, Pemkot: Ikan di Pasar Arumbe Ambon Bebas Bakteri E.coli

Hasil tangkapan ikan nelayan yang akan dijual ke pasar. (Foto: Antara).

AMBON, iNews.id - Masyarakat di Kota Ambon, Maluku, diminta tak khawatir dengan kabar cemaran bakteri terhadap ikan di Pasar Arumbe. Hasil pengujian balai karantina, ikan maupun air laut di sana bebas dari pencemaran bakteri Escherichia coli (E.coli).

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Ambon, Steiven Patty menyatakan, balai karantina telah mengambil sampel ikan di Pasar Arumbe dan memeriksanya.

"Pemeriksaan ulang juga dilakukan terhadap air yang digunakan pedagang. Hasilnya ikan yang dijual steril dari bakteri dan layak untuk dikonsumsi masyarakat," kata Steiven di Kota Ambon, Maluku, Selasa (30/7/2019).

Sampel ikan yang diambil, kata dia, yang yang baru datang ke pasar dan belum direndam, ikan yang telah dibelah. Lalu ikan yang telah disiram, serta air yang dipakai untuk menyiram dan merendam ikan.

Petugas juga turut memeriksa air bersih yang disiapkan Pemkot Ambon untuk pedagang ikan maupun sayuran, sebagai sampelnya.

"Hasil pemeriksaan, mayoritas sampel bebas dari cemaran bakteri, khususnya E.coli," ujarnya.

Cemaran bakteri hanya ditemukan dalam jumlah rendah pada Ikan Cakalang dan Tuna. Namun, menurutnya, masih dianggap layak konsumsi, karena jumlahnya di bawah satu.

"Di ikan Cakalang hanya ditemukan 0,36 dan Tuna 0,92. Jadi belum sampai satu dan dinyatakan aman dan layak," katanya.

Steiven menilai, cemaran tersebut diduga karena wadahnya yang belum steril. Tetapi air yang digunakan pedagang, kata dia, tak ada masalah. Kondisi ini jangan sampai menimbulkan kekhawatiran berlebih di masyarakat.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal