Update Korban Gempa Ambon Hari Ini, 6 Orang Tewas, 4 Luka Parah

Wildan Catra Mulia, Shinta Syakilla Hidayat ยท Kamis, 26 September 2019 - 17:06 WIB
Update Korban Gempa Ambon Hari Ini, 6 Orang Tewas, 4 Luka Parah

Seorang mahasiswa keluar dari gedung Universitas Pattimur pasca Gempa Ambon, Maluku. (Foto: Antara)

JAKARTA, iNews.id - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyebutkan jumlah korban tewas pasca-gempa Ambon, Maluku, Kamis (26/9/2019) bertambah.

Tercatat, enam orang tewas dan empat lainnya luka parah akibat bencana tersebut.

“Enam orang meninggal dunia dan empat orang luka-luka," kata Pelaksana Harian (Plh) Kepala Pusat Data, Informasi, dan Humas BNPB Agus Wibowo di Gedung Graha BNPB, Jakarta Timur, Kamis (26/9/2019). 

BACA JUGA: Update Gempa Magnitudo 6,8 di Ambon, BNPB: 3 Tewas dan 3 Terluka

Agus mengatakan, enam korban meninggal itu akibat tertimpa reruntuhan bangunan. Dia menyebut korban masih bisa bertambah mengingat pendataan masih dilakukan petugas.

"Kemungkinan besar (bertambah), saya belum lihat jumlah penduduknya. Sebenrnya bisa diprediksi dari jumlah penduduk dan jumlah rumah seperti apa," ujar Agus.

Adapun empat orang luka korban gempa yaitu Djamila Lasaiba, Hasan, Gamar Assagaf, dan satu orang masih diidentifikasi diduga warga Desa Waai, Kabupaten Maluku Tengah.

Ditanya enam korban meninggal dunia, Agus mengaku belum memiliki data lengkap nama-nama korban.

BACA JUGA: Update Gempa Ambon M 6,8: 15 Bangunan dan Jalan Rusak, Ini Daftarnya

Agus mengatakan, masyarakat Ambon saat ini masih mengungsi ke Gunung Nona lantaran takut ada tsunami. Namun, beberapa masyarakat sudah berangsur pulang ke rumah usai BMKG memberikan informasi kondisi sudah aman.

"Karena sekarang sudah tidak ada potensi tsunami, ya boleh pulang asal rumahnya masih bagus, kalau rumahnya sudah tidak bagus dan bahaya runtuh jangan. Karena kemungkinan masih ada tiga kali gempa susulan. Itu cukup berbahaya," ucapnya.


Editor : Kastolani Marzuki