Viral, Video Mahasiswa Baru Dipaksa Minum dan Berkumur Air Ludah Bergiliran

Agus Suprianto ยท Jumat, 30 Agustus 2019 - 23:01 WIB
Viral, Video Mahasiswa Baru Dipaksa Minum dan Berkumur Air Ludah Bergiliran

Mahasiswa baru Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Unkhair Kota Ternate, Maluku Utara, minum air yang sudah bercampur ludah. (Foto: IST)

TERNATE, iNews.id – Video mahasiswa baru yang dipaksa para seniornya meminum dan berkumur dengan air minum bercampur ludah secara bergiliran, viral di media sosial. Aksi perpeloncoan ini terjadi di salah satu kampus perguruan tinggi negeri (PTN) di Kota Ternate, Universitas Khairun (Unkhair). Video ini mendapat banyak kecaman dari netizen.

Dalam video amatir berdurasi 14 detik yang tersebar luas di media sosial, terlihat sejumlah mahasiswa senior memaksa para mahasiswa baru meminum air mineral, berkumur dengan air tersebut, lalu memuntahkannya secara bergiliran.

Meskipun raut wajah para mahasiswa baru itu terlihat jijik, mereka dipaksa melakukannya. Beberapa orang menutup mulut melihat temannya meminum air dari gelas plastik, lantas memuntahkannya lagi. Mahasiwa baru itu kemudian mengoper gelas plastik kepada teman di sebelahnya.


Mahasiswa baru merangkak menaiki tangga kampus Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Unkhair Kota Ternate, Maluku Utara. (Foto: IST)

Informasi diperoleh, aksi tidak pantas ini terjadi di hari terakhir pelaksanaan kegiatan Informasi dan Orientasi (Inforien) di Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Unkhair Kota Ternate, pada Kamis lalu.

Dalam video lain di kampus yang sama, sejumlah mahasiswa senior menyuruh mahasiswa baru berjalan jongkok saat menaiki tangga. Beberapa mahasiswa senior berdiri di tengah jalan sehingga para mahasiswa baru harus merangkak melewati kedua kaki seniornya.

Ketika ada mahasiswa baru yang mengeluh kesakitan, malah menjadi korban perundungan mahasiswa senior yang ramai menonton. Video lain juga menunjukkan seorang mahasiswi yang memukul kepala para mahasiswi baru yang mengenakan topi tudung. Sementara mahasiswi senior lainnya tertawa-tawa dan berteriak-teriak seperti mendapat hiburan.


Mahasiswa baru jalan jongkok menaiki tangga kampus Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Unkhair Kota Ternate, Maluku Utara. (Foto: IST)

Terkait video tidak pantas itu, Wakil Rektor (Warek) III bidang Kemahasiswaan Unkhair Ternate Sawal Abdul Ajid mengatakan, kegiatan Inforien memang sudah terjadwal di Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Unkhair Kota Ternate. Namun, aksi tidak pantas kepada para mahasiswa baru yang videonya viral, terjadi di luar sepengetahuan mereka. Sebab, kegiatan terjadi saat mahasiswa baru dikembalikan ke tingkat fakultas dan di jam pulang.

“Seperti dalam video yang viral itu, ada beberapa mahasiswa senior yang tidak bertanggung jawab. Mereka memanfaatkan waktu luang pada jam istirahat dengan memasukkan mahasiswa baru ke ruangan kembali dengan cara-cara yang tidak pantas dan melakukan tindakan-tindakan yang tidak layak dilakukan mahasiswa,” katanya.

Namun, universitas segera bertindak cepat dengan memanggil sejumlah mahasiswa senior yang diduga para pelaku aksi yang dinilai netizen menjijikkan itu. Sedikitnya ada empat orang telah diperiksa. Hasilnya, ada oknum mahasiswa terbukti memaksa para mahasiswa baru melakukan aksi tersebut. Karena itu, kampus akan memberikan sanksi.

“Hasil pemeriksaan itu memang terbukti, ada oknum mahasiswa terlibat secara langsung. Ada dua pilihan sanksi yang kami siapkan, pertama skorsing selama dua semester dan kedua pemberhentian secara permanen sebagai mahasiswa,” kata Sawal Abdul Ajid.

Mahasiswa baru jalan jongkok menaiki tangga kampus Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Unkhair Kota Ternate, Maluku Utara. (Foto: IST)


Editor : Maria Christina