Speedboat Terbalik di Merauke, 2 Penumpang Hilang Termasuk Bidan

Chanry Andrew Suripatty ยท Sabtu, 05 Mei 2018 - 10:42 WIB
Speedboat Terbalik di Merauke, 2 Penumpang Hilang Termasuk Bidan

Petugas SAR gabungan saat mengevakuasi seorang penumpang kapal terbalik yang selamat. (Foto: iNews/Chanry Andrew Suripatty)

MERAUKE, iNews.id Speedboat yang membawa 12 penumpang dari Distrik Tabonji menuju Kota Merauke, terbalik di perairan Wamal, Distrik Tubang, Kabupaten Merauke, Papua. Dalam musibah tersebut, 11 penumpang dilaporkan hilang dan seorang ditemukan selamat.

Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol Achmad Muhammad Kamal mengatakan, informasi awal kapal cepat itu terbalik diketahui ketika salah satu korban selamat atas nama Chris Cabui, ditemukan warga kampung Wamal dalam kondisi tidak sadarkan diri, Kamis (3/5/2018) di pesisir pantai. Setelah dievakuasi dan sadarkan diri, korban menceritakan kapalnya terbalik pada Rabu, 2 Mei 2018.

Mendapat informasi itu, Kepala Distrik Okaba, Fransiskus Kamijai melaporkan kejadian ke tim SAR Kabupaten Merauke. Atas laporan itu, tim gabungan dari Basarnas dan TNI/Polri dibantu warga setempat melakukan pencarian.

“Nama speedboat-nya Putri Cuwama, warna merah biru dengan tujuan dari Distrik Tabonji ke Kota Merauke yang terbalik beserta penumpang,” ujarnya.

Kepala Kantor SAR  Merauke, Aris Sofingi mengatakan, setelah seharian penuh mencari para korban tenggelam, anggota akhirnya menemukan 9 orang dengan kondisi lemah di tepi pantai, Jumat (4/5/2018).

"Jadi telah ditemukan sembilan korban kecelakaan speedboat di Kampung Wamal kami temukan dalam kondisi selamat. Korban dievakusi ke rumah warga,” kata Aris Sofingi, Sabtu (5/5/2018).

Dia melanjutkan, dengan ditemukannya sembilan korban selamat, artinya jumlah keseluruhan yang selamat sudan 10 orang. Tersisa dua lagi yang masih dalam pencarian atas nama Suliah (30TH/PR) dan Piter. Suliah diketahui merupakan seorang bidan. Saat ini pencarian intensif masih terus dilakukkan oleh tim SAR gabungan. Fokus pencarian masih di sekitar area penemuan korban selamat.

Data sementara nama korban kecelakaan yang berhasil diselamatkan:

  • Maria Isabela (47/PR)
  • Johanis Marpayama/Marepa (21/L)
  • Martha Susana (3,5/PR)
  • Edi atau Edoardus Parewi (21/L)
  • Sefer atau Saverius Kikirima (20/L)
  • Petrus Wedua (20/L)
  • Antonia Divera Warice (46/PR)
  • Kanisius Cambaka (20/L)
  • Frans atau Fransiskus Desales (32/L)
  • Chris Cabui atau Krinsantos Banggeamu (44/L)

Editor : Donald Karouw