18 Penumpang Kapal Longboat yang Hilang di Perairan Raja Ampat Ditemukan Selamat

Chanry Andrew Suripatty ยท Selasa, 11 Juni 2019 - 11:37 WIB
18 Penumpang Kapal Longboat yang Hilang di Perairan Raja Ampat Ditemukan Selamat

Ilustrasi kapal longboat. (Foto: iNews.id)

WAISAI, iNews.id – Kapal longboat berpenumpang 18 penumpang yang sempat dilaporkan hilang dalam perjalanan dari Distrik Kabare, Kabupaten Raja Ampat, menuju Sorong, Papua Barat, Senin (10/6/2019), akhirnya ditemukan. Seluruh penumpang dalam kondisi selamat dan telah dievakuasi ke Kota Sorong.

Kapolres Raja Ampat AKBP Edy Setyanto Erning mengatakan, saat melakukan pencarian hingga Selasa (11/6/2019), Tim SAR gabungan mendapatkan informasi dari salah satu pihak keluarga penumpang bahwa longboat beserta 18 penumpang telah ditemukan oleh warga. Mereka dibantu masyarakat yang melintas menggunakan speedboat di sekitar Tanjung Kasuari Sorong.

“Kami mendapatkan informasi dari istri kepala Puskesmas Kabare pada pukul 09.30 WIT tadi bahwa yang bersangkutan bersama penumpang longboat saat ini di daerah Tanjung Kasuari Sorong dalam keadaan selamat,” kata AKBP Edy Setyanto Erning.


BACA JUGA: Kapal Longboat Berpenumpang 18 Orang Hilang Kontak di Raja Ampat Papua Barat


Adapun nama-nama para penumpang longboat yakni, Danramil Kabare, Kapten B Howay, Kepala Puskesmas Kabare 2 Enos Bubedam. Kemudian, Kasih, Mama Kasih, Rony Maray, Nova Maray, Afila Maray, Elena Awom, dan Andrias Awom. Selanjutnya, Albertho Aitem, Fatrik Aitem, Fredy Awom, Jefri Maray, Susana Maray, Andrianus Saru, Raimon Weju, Desy Meder dan Nehem Maray, yang menjadi motoris longboat.

Setelah ditemukan warga, Tim SAR gabungan dari personel Satpolair Polda Papua Barat, Basarnas, Badan Layanan Unit Daerah (BLUD) Waisai, dan Polsek Waigeo Utara, segera menuju lokasi. Tim selanjutnya mengevakuasi para korban ke RSUD Sorong.

“Seluruh korban sudah berhasil dievakuasi oleh Tim SAR gabungan dan dibawa ke RSUD Sorong. Kondisi seluruh penumpang longboat dalam keadaan selamat,” ujar Edy.

Kapal longboat tersebut sempat hilang kontak saat perjalanan dari Kabare, Waigeo Utara, menuju Sorong, Senin malam (10/6/2019). Longboat berpenumpang 18 orang termasuk motoris itu, diperkirakan tenggelam di lautan Tanjung Pamali, diduga akibat kerusakan mesin.

Polres Raja Ampat yang mendapat informasi langsung bergerak cepat dengan mengerahkan personel Polsek Waigeo Utara dan masyarakat setempat untuk membantu pencarian. Pihaknya berkoordinasi dengan Basarnas Raja Ampat dan Basarnas Sorong yang selanjutnya menurunkan Kapal Baladewa melakukan pencarian bersama Satpolair, dan BLUD Waisai menggunakan speedboat Falaya.

Beruntung, warga menemukan longboat bersama seluruh penumpang dan selanjutnya melaporkan ke Tim SAR gabungan. “Untuk rencana tindak lanjut dalam penanganan kasus ini, kami akan memeriksa saksi-saksi dan motoris. Selain itu, kami juga menginventarisasi kerugian,” ujarnya.


Editor : Maria Christina