8 Jenazah Korban Jatuhnya Pesawat Dimonim Air PK-HVQ Tiba di Jayapura

Edy Siswanto · Senin, 13 Agustus 2018 - 14:37 WIB
8 Jenazah Korban Jatuhnya Pesawat Dimonim Air PK-HVQ Tiba di Jayapura

Petugas saat membawa jenazah dalam peti untuk diserahterimakan dan upacara penghormatan. (Foto: iNews/Edy Siswanto)

JAYAPURA, iNews.id – Pesawat Caravan PK-HVI milik maskapai Dimonim Air yang mengangkut delapan jenazah korban jatuhnya PK-HVQ di Pegunungan Menduk, Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua, tiba di Bandara Sentani, Jayapura, Senin (13/8/2018) pukul 12.15 WIT.

Setibanya di bandara, kedelapan kantung jenazah langsung dimasukan ke dalam peti jenazah yang telah disiapkan. Petugas kemudian menutupnya dengan menggunakan Bendera Merah Putih dan selanjutnya menggelar upacara penghormatan terhadap seluruh korban. Upacara itu dipimpin langsung pihak perhubungan Bandar Udara Sentani.

Kepala Basarnas Jayapura Putu Arga Sujarwadji mengapresiasi dukungan TNI dan Polri serta warga selama proses evakuasi para korban jatuhnya Pesawat Dimonim Air PK-HVQ. Dia mengucapkan terima kasih atas peran masyarakat dan seluruh tim SAR gabungan yang telah bekerja keras mengevakuasi seluruh korban, baik dalam kondisi selamat maupun yang meninggal dunia.


BACA JUGA:

8 Korban Tewas Pesawat Dimonim Air di Papua Sudah Diautopsi

Ajaib, Bocah Ini Selamat dari Jatuhnya Pesawat Dimonim Air di Papua


“Seluruh jenazah sudah kami serahkan ke pihak Polri dan maskapai. Operasi SAR ini resmi kami tutup,” kata Putu di Jayapura, Senin (13/8/2018).

Setelah visum di Rumah Sakit (RS) Bhayangkara Polda Papua, jenazah akan diserahkan kepada pihak maskapai dan selanjutnya kepada pihak keluarga untuk dikebumikan di kampung halaman masing-masing.


Diketahui, pesawat perintis jenis PK-HVQ milik PT Marta Buana Abadi (Dimonim Air) hilang kontak saat penerbangan dari Bandara Tanah Merah, Kabupaten Boven Digoel, menuju Oksibil Pegunungan Bintang, Papua, Sabtu (11/8/2018). Pesawat yang dipiloti Leslie Sevuve dan co-pilot Wayan Sugiarta itu membawa tujuh penumpang. Pesawat berangkat pukul 13.42 WIT dan seharusnya tiba di Oksibil sekitar pukul 14.00 WIT.

Dari total Sembilan orang, satu dievakuasi selamat atas nama Jumadi (12). Sementara yang lainnya, jenazah Pilot Lessie dan Co-Pilot Wayan Sugiarta akan dibawa ke RS Bhayangkara Polda Papua di Jayapura. Kedua jenazah lainnya, yakni Hendrikus Kamiew dan Lidia Kamiew akan diterbangkan menuju Tanah Merah Boven Digoel. Untuk empat jenazah lainnya masih menunggu keputusan dari pihak keluarga korban.


Editor : Donald Karouw