Teror Penembakan saat Hari Kemerdekaan di Areal PT Freeport, 1 Terluka

Antara, Nathan Making ยท Jumat, 17 Agustus 2018 - 12:02 WIB
Teror Penembakan saat Hari Kemerdekaan di Areal PT Freeport, 1 Terluka

Petugas berjaga-jaga di di ruas jalan tambang utama Timika-Tembagapura usai teror penembakan. (Foto: iNews/Nathan Making)

MIMIKA, iNews.id – Dimomen Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan ke-73 Republik Indonesia (RI), teror penembakan terjadi di areal PT Freeport Indonesia, Jumat (17/8/2018) pukul 6.15 WIT. Akibatnya, seorang karyawan dari divisi Kuala Pelabuhan Indonesia (KPI) dilarikan ke rumah sakit setelah kena serpihan kaca di bagian lengan kanan dan wajah.

Informasi yang dirangkum, penembakan terjadi di mile 65 terhadap kendaraan bus Iveco 1022 saat melewati chek poin 66 menuju Tembagapura. Sopir bus Jonatan Sopaheluwakan mengalami luka di bagian wajah dan lengan akibat terkena serpihan kaca mobil saat diberondong peluru.

Kapolres Mimika AKBP Agung Marlianto membenarkan adanya teror penembakan di areal PT Freeport Indonesia di Tembagapura mile poin 65. Dia mengatakan, korban terluka karena terkena serpihan kaca mobil. Satgas Amole yang bertugas di Tembagapura langsung di bergerak ke tempat kejadian perkara (TKP) dan melakukan penyisiran, serta pengejaran pelaku penembakan.


"Dalam kondisi itu proyektil peluru biasanya pecah. Serpihan itu yang melukai korban," kata Agung, di lokasi Upacara Hari Kemerdekaan RI, Mimika, Papua.

Dia mengungkapkan, Korban sudah mendapat perawatan medis. Sementara akses jalan menuju Tembagapura yang awalnya ditutup untuk penyelidikan sudah dibuka secara umum. Akses itu kini di bawah pengawalan Satgas Amole, yang mengamankan objek vital nasional PT Freeport Indonesia.

Juru bicara PT Freeport Riza Pratama mengatakan usai penembakan, ruas jalan menuju dan dari Tembagapura sempat ditutup. “Aparat keamanan sedang bekerja untuk mengamankan kawasan itu (TKP penembakan)," kata Riza Pratama.

Dia mengakui, ada karyawan mengalami luka ringan di lenga ketika beberapa tembakan ditembakkan ke arah kendaraan pemeliharaan yang dikemudikannya di mile 65. “Penembakan di ruas jalan tambang utama Timika-Tembagapura merupakan yang pertama sejak 5 Juni silam. Sebelumnya bus milik PT Freeport juga ditembak di mile 61,” ujarnya.


Editor : Donald Karouw