Polres Jayawijaya Tangkap 240 Teroris di Kabupaten Yalimo

Rezki · Jumat, 31 Agustus 2018 - 16:56 WIB
Polres Jayawijaya Tangkap 240 Teroris di Kabupaten Yalimo

Kapolres Jayawijaya AKBP Yan Pieter Reba (tengah) bersama perwakilan kelompok teroris Tentara Pembebasan Papua Barat (TPPB). (Foto: iNews/Rezki).

JAYAWIJAYA, iNews.id – Kepolisian Resor (Polres) Jayawijaya, Papua, berhasil menangkap 240 teroris yang tergabung dalam Tentara Pembebasan Papua Barat (TPPB). Selain itu polisi juga mengamankan presiden komando daerah wilayah XI Kabupaten Yalimo. Penangkapan tersebut berdasarkan laporan masyarakat yang resah atas keberadaan mereka.

Kapolres Jayawijaya AKBP Yan Pieter Reba mengatakan, berdasarkan keterangan masyarakat belakangan ini komplotan teroris tersebut sering menggelar latihan militer ilegal. “Kami berhasil mengamankan 240 orang yang tergabung dalam organisasi yang berseberangan dengan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), beserta 3 pimpinan kelompok tersebut,” kata Peiter, Jumat (31/8/2018).

Dia menjelaskan, para teroris tersebut diamankan di Kampung Alibarek, Distrik Abenaho, Kabupaten Yalimo, Papua. Mereka diketahui sering melakukan aksi teror seperti menghalangi jalan warga, memukul supir taksi, bahkan pengeroyokan anggota polisi yang hampir berujung pada kematian.

“Dari penangkapan itu, Polres Jayawijaya yang dibantu Kodim 1702/Jayawijaya juga berhasil mengamankan sejumlah barang bukti yaitu sebuah bendera bintang kejora, alat tajam dan dokumen-dokumen lainnya,” ujarnya.

Dia mengatakan kelompok ilegal itu rencananya akan melebarkan sayapnya di beberapa kabupaten di wilayah pegunungan tengah Papua. “Dari beberapa oknum yang diamankan, akan dijerat sesuai dengan pasal dan ketentuan yang ada,” kata dia.


Editor : Muhammad Saiful Hadi