Tommy Soeharto Janjikan Papua Jadi Lumbung Pangan di Indonesia

Antara · Jumat, 07 September 2018 - 19:21 WIB
Tommy Soeharto Janjikan Papua Jadi Lumbung Pangan di Indonesia

Ketua Umum Partai Berkarya, Hutomo Mandala Putra atau biasa disapa Tommy Soeharto bersama Siti Hediati Harijadi saat di Bantul, Yopyakarta. (Foto: Dok/iNews.id)

JAYAPURA, iNews.id – Ketua Umum Partai Berkarya Hutomo Mandala Putra atau Tommy Soeharto menjanjikan Provinsi Papua menjadi lumbung pangan selain daerah lainnya di Indonesia. Sebagai calon anggota legislatif (caleg) daerah pemilihan (dapil) Papua, dia ingin provinsi paling timur Indonesia itu menjadi lebih baik.

“Saya memilih Papua karena tantangannya sangat besar di sini dan kita ingin Papua lebih maju lagi, menjadi lebih baik dari provinsi lain dan menjadi lumbung pangan nasional,” kata Tommy Soeharto di sela-sela pelantikan Bapilu dan pengukuhan kader Partai Berkarya se-Provinsi Papua di Kota Jayapura, Jumat (7/9/2018).

Tommy yang didampingi Ketua DPW Partai Berkarya Provinsi Papua Berthus Kogoya memaparkan, untuk menjadikan Papua sebagai lumbung pangan, upaya yang akan dilakukan dengan mendorong dan memberdayakan rakyat dalam sektor pertanian. Selain itu juga sektor perikanan, peternakan, perkebunan, serta UMKM.

Menurut putra bungsu dari Presiden Soeharto itu, seharusnya Papua lebih maju lagi dari daerah lain di Indonesia karena memiliki otonomi khusus (otsus). Apalagi para pemimpinnya orang asli Papua. Namun kenyataannya, kesejahteraan rakyat masih jauh dari yang diharapkan.

“Ini pasti ada yang salah. Ini yang akan saya perjuangkan dengan mengembangkan ekonomi kerakyatan yang tentunya menyesuaikan dengan kearifan lokal dan karakter daerah masing-masing. Kesejahteraan rakyat Papua yang penting dan utama,” katanya.

Adik dari Siti Hardiyanti Astuti Rukmana yang akrab disapa Mba Tutut itu juga mengatakan, untuk Pemilu 2019, dia memiliki target di dapil Papua, baik di tingkat pusat, provinsi dan kabupaten/kota. Dia berharap Partai Berkarya meraih satu kursi untuk tingkat pusat dan satu fraksi untuk tingkat provinsi dan kabupaten/kota yang ada di Papua.

“Partai Berkarya juga menargetkan satu kursi dari 80-an dapil yang ada di nusantara,” kata mantan pereli nasional itu.

Guna mewujudkannya, Partai Berkarya telah menginstruksikan kepada seluruh kader partai untuk bekerja keras, kerja cerdas merebut simpati, dan suara rakyat dengan menjaga marwah partai. “Tentunya di saat bersamaan tetap menghormati pihak lain dan menjunjung tinggi semangat persatuan dan kesatuan demi terjaganya bumi Papua yang damai dan sentosa,” ujar Tommy.


Editor : Maria Christina