7 Suku di Papua Siap Menangkan Jokowi di Pilpres dengan Sistem Noken

Nathan Making ยท Senin, 10 September 2018 - 20:07 WIB
7 Suku di Papua Siap Menangkan Jokowi di Pilpres dengan Sistem Noken

Perwakilan tujuh suku di Timika, Papua, menyatakan siap mendukung pemenangan Jokowi pada Pilpres 2019. (Foto: iNews/Nathan Making)

TIMIKA, iNews.id – Tujuh kepala suku di Timika, Papua, yang tergabung dengan Partai Perindo menyatakan siap mendukung pemenangan Joko Widodo (Jokowi) dalam Pemilu Presiden (Pilpres) 2019 mendatang. Mereka menilai Jokowi selama ini telah membangun Papua dan dekat dengan rakyat sehingga harus kembali memimpin Indonesia agar pembangunan bisa berlanjut.

Adapun tujuh suku yang siap memberikan suara untuk memenangkan Jokowi yang berpasangan dengan KH Ma’ruf Amin di Pilpres 2019 tersebut yakni, suku Kamoro, Amungme, suku Me, Dani, Paniai, Nduga, dan suku Damal.

Ketua Umum Tujuh Suku di Papua, Marten Omaleng mengatakan, mereka mendukung Jokowi pada Pilpres mendatang dengan sistem noken, terutama bagi orang Papua pegunungan. Masing-masing kepala suku tujuh suku itu juga sudah memerintahkan masyarakat Papua, baik yang bermukim di pegunungan maupun di pesisir pantai untuk memberikan hak suara mereka kepada Jokowi.

“Saya sudah perintahkan rakyat papua yang ada di Mimika untuk memberikan hak suara mereka kepada Joko Widodo dan rakyat Papua siap memenangkan Joko Widodo di Pilpres 2019 mendatang,” kata Marten Omaleng di Timika, Senin (10/9/2018).

Menurut Marten Omaleng, bagi warga Papua, Jokowi merupakan harga mati. Sebab, Jokowi merupakan pemimpin yang merakyat dan dekat dengan rakyat Papua. Dalam kepemimpinannya saat ini sebagai Presidin Indonesia, Jokowi dinilai telah melakukan berbagai macam pembangunan, termasuk Papua.

Ketujuh kepala suku itu juga berharap agar sebelum Pilpres 2019, mereka dapat bertemu kembali dengan Jokowi. Rakyat Papua ingin menyampaikan langsung dukungan dan harapan mereka agar Jokowi bisa memimpin Indonesia untuk periode kedua. Bahkan, mereka juga menyatakan bahwa Jokowi adalah orang Papua.

“Tujuan memberikan dukungan penuh kepada Bapak Joko Widodo adalah agar beliau bisa kembali membangun Papua dan menyejahterakan masyarakat Papua sesuai dengan harapan masyarakat,“ papar Marten Omaleng.

Sementara Kepala Suku Dani Hermanus Kogoya mengatakan, kepemimpinan Jokowi sangat luar biasa. Banyak pembangunan di Papua mulai dari pegunungan sampai di pesisir pantai. Pada Pilpres 2019 mendatang, rakyat Papua akan memilih Jokowi secara noken untuk seluruh Papua. “Jadi, 100  persen orang Papua mendukung penuh Bapak Joko Widodo,” ujarnya.

Kepala Suku Moni Ruben Kabugau menambahkan, mewakili masyarakat Moni yang ada di tujuh kabupaten, dia siap berkomitmen memilih Jokowi dengan sistem noken. “Tujuh kabupaten itu sistem noken untuk Pak Jokowi. Kami memilih Jokowi karena Jokowi sering berkunjung ke Papua dan dekat dengan rakyat Papua,” ujarnya.

Untuk diketahui, noken adalah tas tradisional masyarakat Papua yang terbuat dari serat kulit kayu. Sistem noken digunakan khusus dalam pemilihan di Provinsi Papua untuk menggantikan kotak suara. Surat suara diletakkan di tas noken. Surat suara itu dari kepala suku yang mewakili anggota sukunya.


Editor : Maria Christina