Bangkai Paus Terdampar di Pantai Mansinam Hebohkan Warga Manokwari

Chanry Andrew Suripatty ยท Minggu, 09 September 2018 - 14:27 WIB
Bangkai Paus Terdampar di Pantai Mansinam Hebohkan Warga Manokwari

Bangkai paus yang jadi tontonan warga Pulau Mansinam Manokwari, Papua Barat. (Foto: iNews/Chanry Andrew Suripatty)

Facebook Social Media Twitter Social Media Google+ Social Media Whatsapp Social Media

MANOKWARI, iNews.id – Masyarakat yang tinggal di wilayah Pulau Mansinam Manokwari, Papua Barat, mendadak dihebohkan dengan kemunculan seekor ikan hiu paus yang terdampar dalam kondisi mati. Sontak ikan yang masuk dalam kategori dilindungi itu menjadi tontonan warga setempat.

Informasi yang dirangkum, warga pertama kali melihat bangkai ikan hiu paus di pesisir pantai pada Sabtu (8/9/2018). Kemudian, foto-fotonya beredar luas dan viral media sosial (medsos).


Kepala Balai Besar Teluk Nasional Teluk Cenderawasih (TNTC) Ben Saroy mengatakan, hingga saat ini masih belum mengetahui penyebab matinya ikan berukuran besar tersebut. “Di tubuhnya tidak ada bekas luka tapi bola matanya sudah pecah dan belum tau pasti penyebabnya. Masih perlu dilakukan autopsi untuk memastikan ikan hiu paus itu mati karena kelaparan atau sebab lainnya,” kata Ben Saroy, di Manokwari, Minggu (9/9/2018).

Ikan dengan nama latin Rhincodon yang ditemukan warga di pesisir pantai pulau Mansinam itu berjenis kelamin jantan dengan panjang 8.80 meter. Saat ini ikan yang dilindungi oleh negara itu sudah dievakuasi ke Pantai BLK Sanggeng, sambil menunggu air pasang, baru akan diangkat ke darat untuk dilakukan proses autopsi.

“Selanjutnya ikan hiu paus itu akan dikuburkan di lokasi yang telah disiapkan,” ujarnya.


Editor : Donald Karouw