Berbatasan dengan 2 Negara, Raja Ampat Akan Punya Pos Pengawasan

Chanry Andrew Suripatty ยท Minggu, 03 Februari 2019 - 15:08 WIB
Berbatasan dengan 2 Negara, Raja Ampat Akan Punya Pos Pengawasan

Pos Lintas Batas Negara. (Foto: Istimewa).

WAISAI, iNews.id - Badan Pengelolaan Perbatasan Daerah Raja Ampat akan membangun pos pengawasan di beberapa wilayah yang berbatasan langsung dengan dua negara, Australia dan Republik Palau.

Kepala Badan Pengelolaan Perbatasan Daerah Raja Ampat, Mohliyat Mayalibit mengatakan, bila melihat kondisi geografis yang merupakan wilayah kepulauan, sudah saatnya mendirikan pos-pos pantau dan pengawasan.

"Ini sangat penting, karena potensi sumberdaya alam dan pariwisata di Raja Ampat sangat melimpah," kata dia saat dikonfirmasi wartawan di Waisai, Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat, Minggu (3/1/2019).

Menurut dia, untuk mendirikan sejumlah pos pengawasan tersebut, tentu harus berkoordinasi dengan pemerintah pusat, khususnya Kementerian Koordinator Kemaritiman. Hal ini dimaksud agar pemerintah daerah (pemda) bisa melihat peta-peta perbatasannya.

Kalau data yang dimiliki saat ini, ada empat wilayah di Raja Ampat yang berbatasan langsung dengan negara tetangga. Yakni di Distrik Misil dengan Australia dan Kepulauan Ayau berbatasan dengan Republik Palau.

"Kondisi tersebut harus menjadi perhatian serius dari pemerintah, baik pusat dan daerah," ujar dia.

Terkait personel yang akan ditempatkan di pos-pos pantau tersebut, menurut Mohliyat, pihaknya akan melibatkan para ASN serta pegawai honorer yang ada. Selain itu, dari jajaran TNI dan polri untuk pengamanan daerah.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal