Beredar Nama Caleg Lolos di Papua, Polisi: Itu Kabar Hoaks

Antara ยท Kamis, 23 Mei 2019 - 19:06 WIB
Beredar Nama Caleg Lolos di Papua, Polisi: Itu Kabar Hoaks

Warga di Wamena usai melangsungkan pemilu pada 17 April. (Foto: Dok iNews).

WAMENA, iNews.id - Polres Jayawijaya mengimbau masyarakat tidak terprovokasi isu hoaks terkait nama-nama caleg lolos Pemilu 2019. Kebenaran tersebut harus berdasarkan informasi resmi dari Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Kapolres Jayawijaya, AKBP Tonny Ananda Swadaya mengatakan, sejauh ini belum ada pengumuman dari KPU terkait nama-nama caleg yang lolos. Jadi masyarakat jangan sampai termakan kabar bohong yang beredar

"Saya tekankan informasi itu tidak benar. Itu hoaks. Jangan percaya dengan pengumuman yang bukan bersumber dari KPU," kata Tonny kepada wartawan di Wamena, Papua, Kamis (23/5/2019).

BACA JUGA: Massa Rusak dan Bakar Mapolsek Wagete di Papua

Dia memastikan informasi yang beredar terkait sejumlah nama caleg yang dikabarkan lolos adalah kabar bohong. Nama-nama caleg yang beredar ke masyarakat lewat aplikasi whatsapps (WA) disebut tidak jelas sumbernya.

"Nama-nama anggota DPRD belum diumumkan KPU Jayawijaya, kalau sudah beredar di WA itu ditetapkan oleh siapa," katanya.

Dia mengimbau ratusan caleg yang tidak disebutkan dalam 30 nama pada pesan singkat yang beredar, agar tetap bersabar tanpa melakukan aktivitas melanggar hukum.

BACA JUGA: KPU Kota Jayapura Sebut Ada Penggelembungan Suara di Distrik Heram

"Saya belum mendapatkan informasi dari KPU Jayawijaya kapan dilakukan pengumuman resmi terkait dengan hasil pemilu legislatif di Jayawijaya," ujar Tonny.

Selain itu, mantan Kapolres Lanny Jaya itu memastikan KPU tidak akan mengumumkan hasil penetapan melalui media sosial. Tonny menegaskan, akan menindak pelaku provokator yang sengaja membuat Jayawijaya tidak aman.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal